ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SISWA MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

A’IMATUS SILFI NUR HALIMAH, 17204153054 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SISWA MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Perbandingan Siswa MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ditulis oleh A’imatus Silfi Nur Halimah, 17204153054, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah Matematika, Perbandingan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan pada studi awal bahwa siswa menjawab soal dengan tidak sistematis dan tidak menggunakan konsep yang diajarkan oleh guru. Serta tidak menuliskan langkah-langkah pengerjaan secara lengkap. Selain itu, siswa cenderung hanya terfokus pada hafalan rumus untuk menyelesaikan masalah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan kemampuan berpikir reflektif. Dengan melibatkan kemampuan berpikir reflektif dapat meningkatkan pemahaman terkait maksud dari suatu permasalahan matematika dengan mengaitkan pengalaman sebelumnya sehingga dapat menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika materi perbandingan kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika materi perbandingan kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika untuk mendapatkan subjek yang berkemampuan sedang, kemudian memperhatikan perbedaan gender, yaitu dua siswa perempuan dan dua siswa laki laki kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Metode yang digunakan meliputi metode tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 11 orang. Hasil tes tersebut selanjutnya digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir reflektif siswa dengan jalan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Siswa perempuan mampu memenuhi indikator tahap reacting, comparing, dan contemplating meskipun hanya ada satu soal yang tidak memenuhi indikator tahap contemplating. Sehingga siswa perempuan dikatakan reflektif.2) Siswa laki-laki mampu memenuhi tahap reacting dan comparing. Sehingga siswa laki-laki dikatakan cukup reflektif. 3) Siswa perempuan memenuhi tahap contemplating sedangkan siswa laki-laki tidak memenuhi tahap comtemplating. Sehingga kemampuan berpikir reflektif siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153054 A’IMATUS SILFI NUR HALIMAH
Date Deposited: 02 May 2019 04:07
Last Modified: 02 May 2019 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item View Item