STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GUNA PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK MAN 1 TRENGGALEK

CHIATA IMAS GALUH PRASETIYO, 17201153067 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GUNA PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (798kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Guna Pencegahan Dampak Negatif Media Sosial pada Peserta Didik MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Chiata Imas Galuh Prasetiyo, NIM. 17201153067, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Nurcholis, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Pembentukan Karakter, Media Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di era globalisasi dimana aktifitas manusia modern tidak bisa dipisahkan dari media sosial. Dampak negatif yang ditimbulkan media sosial pada peserta didik semakin mengkhawatirkan. Media sosial dapat menyebabkan degradasi moral pada diri peserta didik. Bentuk degradasi moral tersebut adalah pornografi, pergaulan bebas, berita hoax, penyebaran foto, dan video tawuran antar pelajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan tentang (1) Langkah-langkah guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter guna pencegahan dampak negatif media sosial pada peserta didik MAN 1 Trenggalek; (2) Faktor-faktor yang menghambat strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter guna pencegahan dampak negatif media sosial pada peserta didik MAN 1 Trenggalek dan solusinya: (3) Dampak strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter guna pencegahan dampak negatif media sosial pada peserta didik MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, ewawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, pembahasan teman sejawat, dan memperpanjang waktu penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Langkah-langkah guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter guna pencegahan dampak negatif media sosial pada peserta didik MAN 1 Trenggalek dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif, strtaegi pembelajaran afektif, dan strategi pembelajaran melalui kisah teladan.(2) Faktor-faktor yang menghambat strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter guna pencegahan dampak negatif media sosial pada peserta didik MAN 1 Trenggalek, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya pembentukan karakter, memberikan motivasi kepada peserta didik untuk aktif mengikuti kegiatan madrasah, mengawasi lingkup pertemanan peserta didik, membangun kerja sama yang baik antara orang tua dengan pihak madrasah, kerjasama dari seluruh warga madrasah untuk mendukung pembentukakan karakter, dan mengedukasi peserta didik untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial. (3) Dampak strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter guna pencegahan dampak negatif media sosial pada peserta didik MAN 1 Trenggalek, yaitu: turunnya perilaku negatif dan meningkatnya prestasi peserta didik, peserta didik bersikap sopan dalam perkataandan perbuatan, meningkatnya kepedulian peserta didik terhadap sesama, dan peserta didik bijak dalam menggunakan media sosial. Adapun implikasi hasil penelitian adalah pendekatan untuk membentuk karakter dari penyalahgunaan media sosial dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran afektif, dan strategi pembelajaran melalui kisah teladan. Sehingga peserta didik mampu mengubah kebiasan buruk menjadi kebiasaan yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153067 CHIATA IMAS GALUH PRASETIYO
Date Deposited: 06 May 2019 03:09
Last Modified: 06 May 2019 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item