STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 DONGKO TRENGGALEK

Oktiana lestari, 17201153029 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di SMAN 1 Dongko Trenggalek” ini di tulis oleh Oktiana Lestari, NIM. 17201153029, pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum dapat tercapai dengan baik. Karena waktu untuk pembelajaran pendidikan islam sangat begitu minim. Siswa masih mempunyai kekurangan dalam pengetahuan, ketrampilan, berperilaku, kemampuan dalam beradaptasi dan peningkatan partisipasi. Dalam hal ini ada beberapa tindakan yang di lakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam agar tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat tercapai dengan baik, sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berkualitas di SMAN 1 Dongko Trenggalek. Konteks penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana tindakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menetapkan kualifikasi perubahan tingkah laku anak didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Dongko Trenggalek? (2) Bagaimana tindakan Guru Pendidikan Agarma Islam dalam menetapkan sistem pendekatan belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajar pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Dongko Trenggalek? (3) Bagaimana tindakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menetapkan metode belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMAN I Dongko Trenggalek? Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tindakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menetapkan kualifikasi perubahan tingkah laku anak didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMAN 1 Dongko. (2) Untuk mengetahui tindakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menetapkan sistem pendekatan belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMAN I Dongko. (3) Untuk mengetahui tindakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menetapkan metode belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMAN 1 Dongko. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa jawaban dan respon dengan tanya jawab sesuai dengan fenomena yang ada. Observasi digunakan untuk memperoleh data berupa fenomena nyata sesuai dengan hasil wawancara dengan cara mengamati secara langsung fenomena yang terjadi. Dokumentasi digunakan untuk data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen, rapat dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tindakan dalam merubah tingkah laku anak didik yaitu memberikan teladan, pembiasaan dan memberi hukuman kepada siswa (2) tindakan dalam menentukan pendekatan pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan individu. Tindakan yang dilakukan yaitu memberi perhatian penuh dan khusus kepada salah satu anak didik yang sering bembuat gaduh saat pelajaran berlangsung, memberi perhatian penuh kepada anak didik yang sering terlambat masuk kelas, menggunakan pendekatan kelompok.Tindakan yang dilakukan yaitu membina anak didik untuk mempunyai rasa kesetia kawan sosial dengan cara belajar diskusi, menanamkan sikap tolong menolong dengan cara belajar kelompok, menggunakan pendekatan pembiasaan. Tindakan yang dilakukan yaitu membiasakan anak didik untuk membaca Do’a sebelum atau pun setelah melakukan suatu hal khususnya saat belajar, membiasakan anak didik utuk mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain dan membiasakan anak didik untuk membaca surat yasin dan menghafal surat Al-Fatihah, menggunakan pendekatan keagamaan. Tindakan yang dilakukan yaitu memberikan dalil-dalil Al-Qur’an Maupun Hadits kepada anak didik dan mengajak anak didik untuk melaksanakan sholat berjama’ah. (3) Guru Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Pembelajaran Ceramah, Tanya-jawab Tugas, dan Metode Pembelajaran Ceramah, Diskusi dan Tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153029 Oktiana lestari
Date Deposited: 02 May 2019 04:08
Last Modified: 02 May 2019 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item View Item