PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

DIAH AYU NINGSIH, 17208153016 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Diah Ayu Ningsih, NIM. 17208153016, Pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh M.PdI. Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa di dalam kelas dan hasil belajar siswa yang kurang optimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. 2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. Penelitian in menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah True Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Quasi Experimental Design (Nonequivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulunggaug yang berjumlah 367 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data yaitu berupa: angket atau kuesioner, tes, interview atau wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur akivitas belajar siswa di dalam kelas, dan instrumen tes berupa soal post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata aktivitas belajar kelas eksperiman 72,06 dan rata-rata untuk kelas kontrol 68,74. Hasil uji statistik diperoleh nilai thitung sebesar 4,167 dengan signifikasi 0,000. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas ekperimen 77,38 dan rata-rata untuk kelas kontrol 69,16. Hasil uji statistik diperoleh nilai thitung sebesar 4,146 dengan signifikasi 0,000. Berdasarkan hasil uji MANOVA sesuai dengan apa yang diharapkan, yaitu adanya hubungan antara nilai instrumen angket dan hasil belajar dengan memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa “adanya pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153016 DIAH AYU NINGSIH
Date Deposited: 06 May 2019 03:31
Last Modified: 06 May 2019 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item