DWI FARIDHOTUL CHUSNA, 17205153222 (2019) PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (401kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (Pr) Terhadap Motivasi Dan Hasil Brlajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol” ini ditulis oleh Dwi Faridhotul Chusna, NIM. 17205153222, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S. Pd.M.M Kata kunci: Pekerjaan, rumah, motivasi, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa karena sebagian besar siswa kurang tertarik dalam belajar di rumah bahkan tidak belajar sama sekali dan lebih mementingkan bermain sehingga menimbulkan kurang efektifnya pembelajaran yang berlangsung di dalam sekolah. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan pemberian pekerjaan rumah PR. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ?, (2) Adakah pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol?,(3) Adakah interaksi pengaruh pemberian pekerjaan rumah ( PR ) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol, (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol, (3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) tehadap interaksi motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, sampel yang diambil adalah siswa kelas VA dan V-B MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-test Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan 1) ada pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi belajar dengan nilai t hitung > t table atau 2,076 > 0,468 . Dan Sig.(2-tailed) 0,044 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga ada pengaruh pembelajaran dengan pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. 2) ada pengaruh pemeberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar dengan nilai t hitung > t table atau 3,199 > 0,468. Dan Sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran dengan pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar peserta didik MI Hidayatul mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. 3) ada pengaruh pemebrian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi dan hasil belajar dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,004 < 0,05. Sehingga keputusannya ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung”. maka pemberian pekerjaan rumah (PR) dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153222 DWI FARIDHOTUL CHUSNA |
Date Deposited: | 06 May 2019 02:47 |
Last Modified: | 06 May 2019 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10755 |
Actions (login required)
View Item |