IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

NIA AGUSTI NINGSIH, 17205153058 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Nia Agusti Ningsih, NIM. 17205153058,Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Karakter Peserta Didik Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menjawab permasalahan pembelajaran tematik terkait desain, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya menggunakan fenomenologi dengan menggunakan studi kasus. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) desain pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik yang dilakukan oleh guru di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung adalah dengan memetakan dahulu kompetensi dasar dengan menetapkan tema apa yang akan dibahas dan menjabarkannya ke dalam indikator, kemudian menyusun silabus dan disusun menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), untuk pembuatan RPP masih dibuat di Kelompok Kerja Guru (KKG). 2) pelaksanaan pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik menekankan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga pelaksanaan pembelajaran menyeimbangkan teori dan prakteknya. Selain itu setiap pembelajaran tematik diselipkan keterampilan-keterampilan untuk lebih menggali kreatifitas peserta didik dan penumbuhan nilai-nilai karakter. 3) evaluasi pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ini menggunakan berbagai macam variasi, mulai dari catatan buku kendali maupun melalui pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh guru. Evaluasi pembelajaran di sekolah ini setiap guru mempunyai buku catatan atau buku kendali yang fungsinya untuk mengetahui perkembangan pengetahuan dan perilaku anak, perilaku terhadap orang disekitarnya, dan perilaku dalam hal belajar. Jadi setiap beberapa bulan sekali guru mengecek perkembangan siswa dan akan diinformasikan kepada orang tuanya terkait dengan perkembangan anak didiknya. Setelah itu jika ada perilaku yang buruk maka setiap guru harus melakukan tindakan untuk mengevaluasinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153058 NIA AGUSTI NINGSIH
Date Deposited: 06 May 2019 04:50
Last Modified: 06 May 2019 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

View Item View Item