EVA LATIFA DWIANA, 17201153353 (2019) PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penguatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Eva Latifa Dwiana, NIM. 17201153353, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Penguatan Motivasi Belajar, Akidah Akhlak Pembelajaran akidah akhlak merupakan salah satu dari ilmu pendidikan agama Islam. Dalam menerima pembelajaran ini diperlukannya motivasi belajar agar siswa mampu menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Motivasi belajar siswa terdiri dari siswa yang memiliki antusias yang tinggi, sedang dan rendah terhadap pembelajaran. Siswa yang memiliki motivasi yang rendah akan cenderung mengabaikan pembelajaran akidah akhlak. Dalam hal ini kesadaran siswa terhadap pembelajaran agama tergolong rendah. Oleh karena itu, guru harus mampu menumbuhkan serta memperkuat motivasi baik motif yang dari dalam diri siswa maupun dari luar siswa. Dengan begitu, motivasi belajar siswa akan semakin kokoh serta kebutuhan belajar siswa dalam proses belajar mengajar yang dilalui dapat berjalan dengan lancar dan optimal. Atas dasar inilah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengangkat sebuah judul Penguatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di SMP Islam Durenan Tahun Ajaran 2018/2019. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penguatan Motivasi belajar intrinsik siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana penguatan motivasi belajar ekstrinsik siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Durenan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penguatan Motivasi belajar intrinsik siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Untuk mendeskripsikan penguatan motivasi belajar ekstrinsik siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Durenan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019. Metode dalam peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis metode studi kasus. Adapun untuk metode pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua jenis yaitu sumber data yang berasal dari manusia dan sumber data non manusia. Teknik analisa data menggunakan pola interaktif yang dikembangkan oleh Mathew B. Miles dan A. Michael Hubermen yang meliputi reduksi data, data display, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, 1) Penguatan motivasi belajar intrinsik siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019 dapat melalui: a) Pembiasaan Sholat Dhuha dan sholat Dhuhur berjamaah, b) Melakukan pembiasaan di awal pembelajaran dengan membaca dzikir, c) Melakukan bimbingan khusus melalui pendekatan individual dan nasehat, d) Penerapan pembelajaran teman sejawat, e) Pemberian tugas hafalan ayat, f) Menciptakan kompetisi dalam pembelajaran. 2) Penguatan motivasi belajar ekstrinsik siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Durenan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 dapat melalui: a) Penerapan program TBTQ (Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an), b) Penerapan metode pembelajaran yang variatif (seperti: ceramah/cerita, tanya jawab, diskusi, dan presentasi), c) Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, d) Pemberian penghargaan dan hukuman, e) Keteladanan Kepala Sekolah dan guru, f) Melakukan kerjasama antara guru mata pelajaran dengan guru Bimbingan Konseling.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153353 EVA LATIFA DWIANA |
Date Deposited: | 09 May 2019 02:29 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10769 |
Actions (login required)
View Item |