ILFI FITRIA IZZI KUMALA, 17201153086 (2019) PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS MAHASANTRI [STUDI KASUS DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN TULUNGAGUNG]. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Karakter Religius Mahasantri [Studi Kasus di Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung]. ” ini ditulis oleh Ilfi Fitria Izzi Kumala, NIM 17201153086, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhammad Zaini, M.A Kata Kunci: Pengembangan Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dewasa ini para mahasiswi di era modern seperti sekarang ini memiliki karakter religius yang minim terutama di lingkungan kampus. Oleh karena itulah untuk menciptakan mahasiswi yang berkarakter religius dibutuhkan keberadaan ma’had al-Jami’ah yang merupakan wadah untuk mewujudkan lembaga pendidikan islam yang mencetak mahasatri yang berkarakter religius. Ma’had al-Jami’ah diharapkan dapat membina mahasantri dengan baik sehingga menjadi manusia berkarakter dimasa mendatang. Untuk mewujudkan mahasantri yang berkarakter religius, Ma’had al-Jami’ah melakukan segala program kegiatan mahasanti untuk menunjang pengembangan karakter religius. Sehingga mahasantri akan memiliki akhlakul karimah, pemantapan ilmu agama dan akidah serta kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam melaksanakan ibadah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan karakter religius mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan pengembangan karakter religius mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung? (3) Bagaimana dampak pengembangan karakter religius mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah pengembangan karakter religius mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan hambatan pengembangan karakter religius mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan dampak pengembangan karakter religius mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place, dan paper. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikaan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik, ketekunan pengamat dan ketekunan keikutsertaan. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Langkah-langkah pengembangan karakter religius di Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung adalah sebagai berikut: (a) Perencanaan dengan merumuskan kurikulum; (b) Pelaksanaan kegiatan-kegiatan dengan pola pengetahuan, pembiasaan dan pengawasan serta keteladanan; (c) Evaluasi kedalaman pengetahuan agama dan perilaku. (2) Hambatan pengembangan karakter religius mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung yang mempengaruhi jalannya pelaksanaan program kegiatan yang menunjang pengembangan karakter religius mahasantri yakni sebagai berikut: (a) Jadwal kegiatan ma’had berbenturan dengan perkuliahan reguler; (b) Kurangnya sarana prasarana; (c) Kurangnya tenaga dan koordinasi antar pengelola; (d) Perbedaan latar belakang mahasantri; (e) Kurangnya dana yang memadai; (f) Kemalasan mahasantri. (3) Dampak pengembangan karakter religius bagi mahasantri di ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung adalah sebagai berikut: (a) Mahasantri memiliki etika dan kesopanan; (b) Mahasantri lebih taat dan rajin dalam beribadah; (c) Mahasantri berpakaian sesuai syari’at; (d) Mahasantri menjadi pribadi yang lebih menghargai waktu dan disiplin; (e) Mahasantri lebih aktif, kritis, percaya diri, dan pemberani; (f) Mahasantri memiliki pergaulan yang terjaga; (g) Mahasantri menjadi pribadi yang ramah terhadap sesama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153086 Ilfi Fitria Izzi Kumala |
Date Deposited: | 13 May 2019 04:21 |
Last Modified: | 13 May 2019 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10793 |
Actions (login required)
View Item |