STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NITATUS SHOLIHAH, 17201153060 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (343kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Peserta Didik melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMP Negeri 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Nitatus Sholihah, NIM. 17201153060. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd., NIP. 19720417 200604 1002 Kata Kunci : Strategi guru, Kedisiplinan, Shalat dhuha Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik yang kurang disiplin dan tidak taat aturan. SMP Negeri 1 Sumbergempol merupakan lembaga pendidikan yang mengedepankan sikap keagamaan peserta didik. Sekolah membuat program pembiasaan shalat dhuha berjamaah sebelum memulai pembelajaran dengan tujuan menumbuhkan kedisiplinan peserta didik. Sikap disiplin akan tumbuh karena pembiasaan dan binaan sejak dini. Guru sebagai pendidik berperan besar dalam hal ini. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi dan cara yang tepat agar peserta didiknya terbiasa berperilaku disiplin dalam segala hal. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan strategi guru dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah di SMP Negeri 1 Sumbergempol (2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru dalam menumuhkan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha di SMP Negeri 1 Sumbergempol (3) Untuk mengetahui dampak strategi guru dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian: (1) Perencanaan strategi guru dalam rangka menumbuhkan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah di SMP Negeri 1 Sumbergempol meliputi: a) Memberikan sosialisasi kepada peserta didik dan wali/orang tua ketika tahun ajaran baru; b) Mengadakan rapat program yakni guru berrsama dengan koordinator keagamaan berkaitan dengan shalat dhuha; c) Jadwal shalat dhuha berjamaah yang digunakan untuk mengefektifkan jalannya kegiatan; d) Absensi shalat dhuha untuk mendisiplinkan peserta didik dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam menumbuhkan kedisiplinan melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah antara lain: a) Waktu pelaksanaan shalat dhuha berjamaah adalah pukul 06.30-07.00 WIB di masjid sekolah; b) Jadwal pelaksanaan shalat dhuha berjamaah adalah hari Senin-Selasa kelas VII, Rabu-Kamis kelas VIII, dan Jum’at-Sabtu kelas IX; c) Memberikan pemahaman kepada peserta didik melalui pemberian materi terkait shalat dhuha, tata cara pelaksanaannya, dan sebagainya; d) Guru memberikan keteladanan secara langsung kepada peserta didik; e) Guru melakukan pembiasaan kepada peserta didik untuk melaksanakan shalat dhuha; f) Guru menggunakan strategi pemberian reward dan punishment kepada peserta didik; g) Guru memberikan motivasi dan nasihat-nasihat kepada peserta didik untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk melaksanakan shalat dhuha. (3) Adapun dampak dari strategi guru dalam menumbuhkan kedisiplinan melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah adalah peserta didik memiliki karakter disiplin dalam berbagai hal, antara lain : a) Disiplin waktu; b) Disiplin belajar; c) Disiplin dalam beribadah; e) Disiplin dalam menaati dan menegakkan peraturan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153060 NITATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 08 May 2019 02:25
Last Modified: 08 May 2019 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10804

Actions (login required)

View Item View Item