KARINA ZUJAJAH, 17201153254 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI MTs UMAR ZAHID SEMELO BANDAR KEDUNG MULYO JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (778kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (572kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Budaya Religius Siswa di MTs Umar Zahid Semelo Bandar Kedung Mulyo Jombang” ini di tulis oleh Karina Zujajah, NIM 17201153254, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dn Ilmu Keguruan, Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.H.Muh.Muntahibun Nafis,M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya berbagai masalah berkaitan dengan sisi pengamalan pendidikan agama Islam yang tidak terealisasikan yang menyebabkan rendahnya kesadaran beragama peserta didik. Karena peserta didik dalam memahami agama Islam hanya pada ranah kognitif saja. Oleh karenanya, penyelenggaraan budaya religius di lingkungan madrasah diharapkan dapat dijadikan sarana penunjang agar internalisasi nilai-nilai religius(keagamaan) dapat terlaksana. Fokus penelitian, 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan budaya religius siswa di MTs Umar Zahid Semelo Bandar Kedung Mulyo Jombang? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan budaya religius siswa di MTs Umar Zahid Semelo Bandar Kedung Mulyo Jombang? 3) Bagaimana implikasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan budaya religius siswa di MTs Umar Zahid Semelo Bandar Kedung Mulyo Jombang? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) melakukan koordinasi dengan seluruh guru , menggunakan pendekatan komunikatif melalui ceramah, memberikan keteladanan, pembiasaan dan hukuman. 2) Faktor pendukung, dukungan penuh seluruh seluruh warga sekolah dan yayasan, memiliki guru yang mempunyai keterampilan mumpuni khususnya di bidang keagamaan (keislaman), tersedianya fasilitas penunjang yang dimiliki madrasah. Faktor penghambat yaitu rendahnya kesadaran beberapa siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan, kurangnya dukungan wali murid, madrasah tidak memiliki masjid, minimnya pendanaan dan gaji guru.3) Implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan budaya religius siswa adalah tertanamnya nilai-nilai religius pada siswa, partisipasi siswa dalam mengikuti serangkaian kegiatan keagamaan meningkat, tumbuhnya jiwa kepimpinan pada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153254 KARINA ZUJAJAH |
Date Deposited: | 08 May 2019 06:20 |
Last Modified: | 08 May 2019 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10818 |
Actions (login required)
View Item |