Sa’adah, Lilik (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Persegi Panjang dan Persegi Melalui Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas VII-E SMPN 1 Ngunut Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
Text
BAB I skripsiq.doc Download (89kB) |
|
Text
BAB II Q.doc Download (116kB) |
|
Text
BAB III (2).doc Download (122kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (168kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (24kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
Abstract
Kata Kunci : Prestasi belajar, Snowball Throwing, persegi panjang dan persegi. Pada pelajaran matematika di sekolah, materi persegi panjang dan persegi bukan merupakan hal yang baru bagi siswa. Oleh karena itu hendaknya siswa langsung bisa memahami materi tersebut, paling tidak siswa mulai memiliki kerangka berpikir tentang materi baru tersebut. Pembelajaran dengan metode Snowball Throwing merupakan salah satu metode yang dikemas dalam sebuah permainan ini membutuhkan kemampuan yang sangat sederhana yang bisa dilakukan oleh hampir semua siswa dalam mengemukakan pertanyaan sesuai dengan materi yang dipelajarinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran Snowball throwing yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi persegi panjang dan persegi pada siswa kelas VII-E SMPN 1 Ngunut tahun pelajaran 2011/2012 Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: Untuk mendeskripsikan penerapan metode Snowball Throwing pada materi persegi panjang dan persegi kelas VII E SMP Negeri 1 Ngunut tahun plajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus dibagi menjadi dua kali pertemuan. Dalam satu siklus ada empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Prosedur pengumpuan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualiatif yang bersifat deskriptif. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pesiapan penelitian, (2) Membuat perencanaan penelitian, (3) Instrumen penelitian. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMPN 1 Ngunut tahun pelajaran 2011/2012. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan langkah-langkah pembelajaran sebgai berikut: (1) Tahap awal, menyampaikan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran dan motivasi, (2) Tahap inti, guru membagi siswa dalam kelompok dan meminta setiap siswa membuat soal dalam selembar kertas dan dibuat seperti bola lalu dilempar-lemparkan atar siswa satu kelas, (3) Tahap akhir, penegasan hasil belajar dan post tes. Peningkatan prestasi belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari tes awal pra tindakan dengan tindakan ketuntasan siswa 36,36 % dan setelah adanya pembelajaran Snowball throwing ketuntasan siswa mencapai 70,45% untuk post test siklus I dan 77,27% untuk post test siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahsan analisis data yang dapat di peroleh dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi hasil belajar siswa materi persegi panjang dan persegi pada kelas VII-E SMPN 1 Ngunut akan bisa meningkat dengan diterapkannya pembelajaran Snowball throwing.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 04:30 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 04:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1082 |
Actions (login required)
View Item |