ARUM PRATIWI, 17205153298 (2019) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (514kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (226kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Arum Pratiwi, NIM. 17205153298. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Hj Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian guru, Pembentukan Karakter Kompetensi kepribadian guru merupakan faktor terpenting bagi keberhasilan belajar peserta didik. Guru menjadi contoh dan teladan dalam membina dan membentuk karakter peserta didik. Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan seorang guru dalam memberikan suatu contoh perilaku baik kepada siswa sehingga mereka dapat mengembangkan sikap positif dalam melaksanakan kegiatan belajarnya. Hal ini berkaitan bahwa seorang guru tidak hanya bertugas mencerdaskan siswanya, tetapi juga harus mengembangkan dan membentuk kepribadian siswa yang berakhlak dan berkarakter. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar ? (2) Bagaimana kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar ? (3) Bagaimana kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, sajian data, verifikasi dan simpulan data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan waktu, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) karakteristik kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa, diantaranya yaitu beragama islam, beperilaku akhlakul karimah, senantiasa mencerminkan sikap jujur, sabar, ikhlas dalam mengajar dan adil terhadap siswa, serta tidak pernah melakukan penyelewangan perilaku seperti membeikan hukuman berat kepada siswa yang melanggar aturan. Guru atau guru akidah akhlak berupaya meningkatkan kompetensi kepribadian yang dimilik masing-masing, salah satunya yaitu pembinaan setiap satu bulan sekali oleh Kepala Madrasah, guru dan TU. (2) kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa, yaitu dengan membiasakan shalat berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, menghafal surat pendek dan mengaji Al-Qur’an serta adanya ekstrakulikuler tahfidz dan qiro’ah. (3) kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa, yaitu dngan cara memberikan tanggung jawab piket dan tanggung tugas baik tugas individu maupun berkelompok. salah satu hal yang dilakukan guru untuk merealisasikan pembentukan karakter dirumah yaitu dengan membuat buku penghubung. Sehingga ketika dirumah siswa tetap melakukan nilai tanggung jawab yang terdapat pada buku penghubung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153298 ARUM PRATIWI |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:33 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10824 |
Actions (login required)
View Item |