IQFA RIZKA RODHIANA, 17205153230 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA KELAS V DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (918kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Kelas V Di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Iqfa Rizka Rodhiana, NIM. 17205153230, Pembimbing Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang kurang baik bagi siswa, yaitu masih banyaknya siswa yang malas-malasan dalam belajar, masih terlambat berangkat ke sekolah, gampang menyerah jika tidak bisa saat mengerjakan tugas/soal-soal atau saat lomba, tidak mau bekerja keras dalam belajar. Karakter yang seperti itulah yang harus di rubah mulai sejak dini agar karakter atau kebiasaan yang buruk tidak terbawa sampai mereka dewasa. Jika karakter yang kurang baik masih menjadi budaya bagi siswa maka tujuan Pendidikan Nasional belum berhasil untuk menjadikan manusia yang berakhlak mulia atau mempunyai karakter yang baik. Maka dari itu tugas guru untuk merubah karakter atau kebiasaan yang kurang baik pada siswa agar mempunyai karakter atau kebiasaan yang baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Mandiri Siswa Kelas V Di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?, (3) Bagaimana ustrategi guru dalam menumbuhkan karakter kerja keras siswa kelas Vdi MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?. Berdasarkan rumusan tersebut, penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahuai bagaimanakah strategi guru dalam menumbuhkan karakter mandiri siswa kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mengetahui bagaimanakah strategi guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mengetahui bagaimanakah strategi guru dalam menumbuhkan karakter kerja keras siswa kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan membercheck. Tahap-tahap penelitian yang digunakan adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung mengenai strategi guru dalam menumbuhkan karakter mandiri, disiplin, dan kerjakeras siswa kelas V yaitu, Guru kelas V dalam menumbuhkan karakter disiplin, mandiri dan kerja keras siswa yaitu dengan menggunakan strategi dengan cara mengingatkan, memberi contoh atau teladan, membiasakan, dan juga dengan memberi reward, punishment, dan juga motivasi kepada siswa. Di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung mempunyai jargon yaitu “BIASA BISA”, jargon itulah yang diterapkan di MI terutama pada kelas V.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153230 IQFA RIZKA RODHIANA |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:37 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10825 |
Actions (login required)
View Item |