PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

INTAN RETNO SAFITRI, 17201153047 (2019) PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (596kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (980kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulunagung” ini ditulis oleh Intan Retno Safitri, NIM. 17201153047. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag NIP. 19600524 199103 1 001 Kata kunci : Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah (1).Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Iqro’ di MtsN 2 Tulungagung? (2). Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Qoidah Baghdadiyah di MtsN 2 Tulungagung? (3). Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui An-Nahdiyah di MtsN 2 Tulungagung? Metode Penelitian: penelitian kualitatif; rancangan studi kasus; penulis bertindak sebagai pengumpul data dan sekaligus sebagai instrument kunci dalam mengumpulkan data-data di lapangan dengan menerapkan metode observasi-patipan, dokumentasi, dan wawancara-mendalam; penulis hadir di lokasi penelitian sejak hari Rabu 28 November 2018; sumber data: informan, peristiwa, dokumen; data: Ringkasan Data; prosedur analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitian: (1). Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Iqro’ di MtsN 2 Tulungagung: a. Peran guru dalam pembelajaran di dalam kelas diantaranya tidak hanya sebagai pembimbing saja, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator dan sebagai sumber utama belajar bagi siswa. b. Memberikan teguran kepada siswa pada saat pembelajaran berlangsung diantaranya adalah mengingatkan siswa yang kurang fokus pada saat pembelajaran berlangsung agar siswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berfaedah dalam hal kelancaran membaca Al-Qur’an. c. Penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Iqro’ diantaranya adalah untuk membantu siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an agar lebih bisa memahami, mengerti dan langsung bisa mempraktekkan membaca Al-Qur’an yang benar meskipun belum sempurna. (2) Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Qoidah Baghdadiyah di MtsN 2 Tulungagung: a. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Qaidah Baghdadiyah diantaranya memudahkan siswa untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an di depan kelas, selain itu juga membantu guru dalam memberikan penilaian hafalan kepada siswa karena dengan disisipkan metode ini siswa menajdi lebih aktif dan bersemangat pada saat pelajaran Al-Qur’an Hadits berlangsung. b. Keterkaitan kemampuan membca Al-Qur’an dengan kenakalan remaja diantaranya adalah dengan mengadakan program mengkhatamkan Al-Qur’an di rumah dan setoran hafalan di sekolah, dengan diadakan program tersebut akan sangat membantu guru dan orang tua untuk mengawasi siswa agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negative. (3) Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui An-Nahdiyah di MtsN 2 Tulungagung: a. Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui An-Nahdiyah diantaranya adalah memudahkan siswa untuk membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid yang benar, karena metode ini lebih menekankan pada ketukan. b. Melihat perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa secara bertahap diantaranya adalah guru melihat perkembangan siswa di dalam kelas selama pembelajaran membaca Al-Qur’an berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 17201153047 INTAN RETNO SAFITRI
Date Deposited: 13 May 2019 04:02
Last Modified: 28 May 2021 06:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10828

Actions (login required)

View Item View Item