PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

FARIDATUL LUTVIANA, 17205153011 (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (817kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Faridatul Lutviana, NIM. 17205153011, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, di bimbing oleh Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Guru dalam menyusun Rencana Program Pembelajaran yang digunakan hanya mengutamakan materi dan evaluasi pembelajaran yang berlangsung kurang bermakna,kurang menarik dan siswa kurang memiliki pengalaman belajar yang bervariasi. Peserta didik di MI Tarbiyatul Islamiyah merasa kurang tertarik pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik, oleh sebab itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat membuat motivasi dan hasil belajarnya lebih baik, yaitu dengan metode pembelajaran demonstrasi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar Fiqih materi kurban peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung ? (2) Adakah Pengaruh metode demostrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi kurban peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar Fiqih materi kurban peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar Fiqih materi kurban peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi kurban peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar Fiqih materi kurban peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Yang dijadikan sampel seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 37 peserta didik. Dengan rincian kelas VA (kelas eksperimen) 18 peserta didik dan kelas VB (kelas kontrol) 19 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu dengan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi diproleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar fiqih peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. (2) Berdasarkan perhtitungan uji t post test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. (3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai ke-empat p-value (sig) sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 17205153011 Faridatul Lutviana
Date Deposited: 09 May 2019 03:28
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item View Item