PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV KELAS VIII DI MTS MUJAHIDIN KEDIRI

ZULFA HUSNIATUL ISLAMIYAH, 17204153033 (2019) PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV KELAS VIII DI MTS MUJAHIDIN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (999kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Perubahan Konseptual Siswa Berdasarkan Gender dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Kelas VIII di MTs Mujahidin Kediri ini ditulis oleh Zulfa Husniatul Islamiyah, NIM. 17204153033, pembimbing Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci : Perubahan Konseptual, Menyelesaikan Masalah, SPLDV Rendahnya penguasaan materi pada siswa salah satunya karena guru kurang memperhatikan pengetahuan awal yang dimiliki siswa sebelumnya. Pengetahuan awal yang dimiliki siswa seringkali terdapat kesalahan, karena pengetahuan awal yang mereka miliki sangat bervariasi, bisa mendukung atau menjadi penghambat dalam memahami konsep baru baik laki-laki atau perempuan. Melalui mengenali konsep yang salah, dan mencoba untuk menggantinya, siswa terlibat dalam proses perbaikan yang menghasilkan perubahan konseptual. Perubahan konseptual adalah suatu proses bagaimana merubah pandangan, cara pandang, atau keyakinan seseorang dari yang sudah tertanam dalam hati dan fikirannya dengan suatu pandangan atau keyakinan yang baru. Proses pembelajaran yang tidak menghiraukan pengetahuan awal siswa akan memunculkan miskonsepsi pada kognitif siswa yang semakin kompleks, sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk, 1) mendeskripsikan perubahan konseptual siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII di MTs Mujahidin Kediri, 2) mendeskripsikan perubahan konseptual siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII di MTs Mujahidin Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek 4 siswa kelas VIII B MTs Mujahidin Kediri. Data yang dikumpulkan meliputi lembar jawaban tes tulis dan transkrip wawancara. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan teknik ketekunan/ keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Perubahan konseptual siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah SPLDV berbeda-beda, subjek laki-laki cenderung memiliki pemahaman dalam menyelesaikan masalah yang rendah. Seringkali subjek meragukan jawabannya sendiri dan mempertahankan jawabannya yang salah. Sebagian besar subjek laki-laki memenuhi indikator perubahan konseptual intelligible (dapat dimengerti) dan dissatification (ketidakpuasan) saja, 2) Perubahan konseptual siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah SPLDV juga berbeda-beda, dimana subjek perempuan cenderung memiliki pemahaman dalam menyelesaikan masalah yang lebih tinggi dan terperinci. Sebagian besar subjek perempuan memenuhi indikator perubahan konseptual intelligible (dapat dimengerti), dissatification (ketidakpuasan), dan plaussible (masuk akal).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Zulfa 17204153033 Zulfa Husniatul Islamiyah
Date Deposited: 10 May 2019 03:37
Last Modified: 14 Apr 2020 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10838

Actions (login required)

View Item View Item