SOFIATUL HIDAYATI, 17205153068 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD PLUS SUNAN PANDANARAN KANIGORO BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (982kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (538kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (843kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skirpsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar ” ini di tulis oleh Sofiatul Hidayati, NIM 17205153068, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Student Teams Achievement Devision (STAD), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika yang berdampak pada hasil belajarnya. Pembelajaran yang dilakukan lebih banyak dilakukan dengan ceramah dan diskusi kelompok kecil. Lemahnya keberanian untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dalam pembelajaran mengakibatkan kelas menjadi pasif. Model pembelajaran sangat banyak ditemui apalagi pada zaman sekarang ini, salah satunya yaitu model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD). Tahap-tahapnya yaitu: Penyajian materi, tim, kuis, skor individu, rekognisi tim. Model STAD memiliki keuntungan diantaranya peserta didik dapat lebih aktif dalam pembelajaran, karena semua akan terlibat langsung dalam pembelajaran. Hal tersebut juga akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar, 2) untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar, 3) untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain non-equivalen control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar kelas V dengan populasi sebanyak 83. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kelas VA (kelas kontrol) sebanyak 28 siswa dan V B (kelas eksperimen) sebanyak 27 siswa. Bedasarkan uji homogenitas menggunakan nilai UAS kelas VA dan VB terdapat varian data yang homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar yang dibuktikan dengan uji Independent Samples Test, didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.032 < 0.05; 2) ada pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar yang dibuktikan dengan uji Independent Samples Test tersebut, didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.026 < 0.05; 3) ada pengaruh model pembelajan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Plus Sunan Pandanaran Kanigoro Blitar yang dibuktikan dengan harga F untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,022 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153068 SOFIATUL HIDAYATI |
Date Deposited: | 08 May 2019 04:09 |
Last Modified: | 08 May 2019 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10847 |
Actions (login required)
View Item |