PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUGWARU TULUNGAGUNG

IIF DWI RAHMADANI, 17205153203 (2019) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Iif Dwi Rahmadani, NIM. 17205153203, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Minat, dan Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mengenai tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Lingkungan utama (keluarga) akan memberikan pendidikan pertama dan utama yang dapat menumbuhkan suatu kebiasaan sehingga dapat memberikan pengaruh dasar dari orang tua pada diri anak yang sangat melekat. Itulah salah satu pengaruh eksternal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Akan tetapi jika tidak memiliki minat yang tinggi dalam diri anak maka prestasi belajar yang didapatkannyapun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? 2) Adakah pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? 3) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Penelitian assosiatif adalah bentuk analisis variabel (data) penelitian untuk mengetahui derajat atau kekuatan hubungan, bentuk atau arah hubungan diantara variabel-variabel dan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 258 siswa dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel kelas IV sebanyak 28 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, data pribadi siswa mengenai tingkat pendidikan orang tua dan dokumen hasil ujian akhir semester ganjil dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 1,495 dan ttabel = 2,055 pada taraf signifikansi 5%, karena thitung < ttabel. Artinya tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 2) Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 3,625 dan ttabel = 2,055 pada taraf signifikansi 5% dengan ketentuan thitung > ttabel. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 3) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 6,878 dan Ftabel = 3,39 pada taraf signifikansi 5% dengan ketentuan Fhitung > Ftabel. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153203 IIF DWI RAHMADANI
Date Deposited: 09 May 2019 07:18
Last Modified: 09 May 2019 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item