STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

NURUL ALFIANA WATI, 17201153161 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Islam dalam Penanaman Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Alfiana Wati, NIM 17201153161, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh : Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M. Ag. Kata Kunci : Strategi Guru, Penanaman Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru pendidikan agama Islam dalam penanaman akhlak kepada peserta didik di madrasah. Strategi tersebut dilakukan agar tujuan dapat segera tercapai. Oleh karena itu strategi guru pendidikan agama Islam dianggap sangat penting, karena strategi merupakan langkah awal untuk mengembangkan kualitas akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman sikap tanggung jawab peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman sikap rendah diri peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman sikap tolong menolong peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman sikap tanggung jawab peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman sikap rendah diri peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman sikap tolong-menolong peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode komparatif. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan penelitian, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitiannya yaitu 1)Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam penanaman sikap tanggung jawab peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung yaitu, ketika proses pembelajaran di kelas guru menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran partisipatif. Ketika diluar jam pelajaran, guru menggunakan strategi keteladanan dengan menggunakan pendekatan emosional kepada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung, guru juga menerapkan sanksi dan hukuman untuk peserta didik yang tidak melakukan tanggung jawabnya, selain itu, guru juga menasehati, memberikan contoh, dan melakukan pembiasaan serta mengajak xiv peserta didik untuk praktek langsung dalam kehidupan sehari-hari, 2) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam penanaman sikap rendah diri peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori. Guru pendidikan agama Islam juga sering memberikan contoh dan latihan dengan mengambil pengalaman dari kehidupan sehari-hari lalu mendekati peserta didik dengan pendekatan emosional yang mana pendekatan ini adalah pendekatan antara guru dan peserta didik dari hati ke hati. Selain itu, guru juga menasehati agar peserta didik membiasakan untuk selalu berendah hati kepada orang yang lebih tua terlebih kepada gurunya, 3) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam penanaman sikap tolong-menolong peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung yaitu, dengan strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran afektif, dengan menasehati, memberikan contoh, latihan, pengalaman, dan pengajaran dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153161 NURUL ALFIANA WATI
Date Deposited: 13 May 2019 01:24
Last Modified: 13 May 2019 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item