SRI LESTARI, 17205153232 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS V DI MI AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PESANTREN KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (818kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Download (495kB) |
||
Text
Bab III.pdf Download (253kB) |
||
|
Text
Bab IV.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
Bab VI.pdf Download (188kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (292kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi. “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas V di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Pesantren Kota Kediri” ini ditulis oleh Sri Lestari, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM: 17205153232 Tahun 2019 dibimbing oleh Dr. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Pembinaan, Akhlakul Karimah Pada saat ini menurunnya akhlak yang dimiliki peserta didik kepada guru maupun orang sekitar sudah banyak terjadi di berbagai daerah. Sebagai seorang guru harus mampu berupaya dan menggunakan beberapa strategi dalam upaya pembinaan akhlak siswa, baik itu strategi dalam penyampaian materi agama Islam dengan menggunakan strategi tentang kegiatan apa saja yang harus di laksanakan dalam membina akhlak siswa, karena dengan menggunakan strategi dapat menghasilkan tujuan yang diinginkan dalam pendidikan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah sopan santun peserta didik kelas V di MI Irsyad Al Islamiyyah Pesantren Kota Kediri? 2) Bagaimanakah strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah jujur peserta didik kelas V di MI Irsyad Al Islamiyyah Pesantren Kota Kediri? 3) Bagaimanakah strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah disiplin peserta didik kelas V di MI Irsyad Al Islamiyyah Pesantren Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Pesantren Kota Kediri. Data yang digali berdasarkan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Dalam pembinaan sopan santun, guru memberikan penjelasan mengenai sopan santun (ekspositori), guru memberikan kisah-kisah jaman dahulu yang patut diteladani, dan guru memberikan nasehat kepada peserta didik, menundukkan badan ketika bertemu dengan guru atau orang yang lebih tua. 2) Dalam pembinaan jujur, guru memberikan penjelasan tentang jujur dengan menghubungkan kehidupan sehari-hari (kontekstual), guru memberikan kajian (ceramah) kepada peserta didik, guru memantau kejujuran peserta didik dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya. 3) Dalam pembinaan disiplin, guru memberikan teladan atau contoh disiplin kepada peserta didik, guru memberikan Buku Disiplin Beribadah kepada peserta didik, guru memberikan peringatan bahkan hukuman kepada peserta didik, jika ada peserta didik yang ketahuan tidak disiplin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153232 Sri Lestari |
Date Deposited: | 09 May 2019 02:24 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10867 |
Actions (login required)
View Item |