Pengaruh Strategi Pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction Terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmatika Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019

RIMA ARI MASTUTI, 17204153264 (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction Terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmatika Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Concept Mapping Dengan Explicit Instruction Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Matematika Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Aritmatika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Rima Ari Mastuti, NIM. 17204153264, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Concept Mapping, Explicit Instruction, Hasil Belajar, Minat. Keberhasilan proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa dan terciptanya kualitas pembelajaran siswa yang optimal. Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan siswa diantaranya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru. Strategi pembelajaran yang tepat seperti strategi concept mapping dengan explicit instruction dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Selain itu kualitas pengajaran dapat dikatakan optimal ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung.2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction terhadap minat belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung. 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik sampling purposive. Kelas X TEI 3 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 1 terpilih sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XSMK Negeri 1Bandung. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dan nilai F_hitung (15,309)>F_tabel (3,129). (2) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction terhadap minat belajar matematika siswa kelas XSMK Negeri 1Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dan nilai F_hitung(27,690)>F_tabel (3,129). (3) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Concept Mapping dengan Explicit Instruction terhadap hasildan minat belajar matematika siswa kelas XSMK Negeri 1Bandung. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153264 RIMA ARI MASTUTI
Date Deposited: 13 May 2019 01:52
Last Modified: 13 May 2019 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item