PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

RINTA WAHYUNING TYAS, 17201153333 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (TPS) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek”, ini ditulis oleh Rinta Wahyuning Tyas, NIM. 17201153333. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Saiful Bahri, S.Ag. NIP. 197105012007011034. Kata Kunci: Think Pair and Share (TPS), Minat Belajar, Hasil Belajar Penelian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa suatu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di sekolah dapat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya minat belajar siswa, dan apabila minat belajar siswa rendah maka nilai belajar siswa pun pasti juga menurun, faktanya di sekolah guru masih menggunakan metode pembelajaran yang masih konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam cenderung rendah. Hal ini tidak menutup kemungkinan hasil belajarnya pun rendah. Maka untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, peneliti menerapakan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) dalam pembelajaran di kelas, karena model pembelajaran ini menekankan kerjasama antar siswa yang membuat siswa aktif dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) dengan minat dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek ? (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek ? (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek ?. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen kuasi/quasy exsperiment. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X Akutansi berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 1 berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t-test, Uji MANOVA dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. xv Hasil peneltian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) terhadap minat belajar siswa kelas X mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t-test yang diperoleh yaitu nilai signifikansi sebesar 000,0 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t-test yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 000,0 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA dengan nilai signifikansi pada Pillai’s Trasce, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roys Largest Root semua menunjukkan nilai yaitu 0,000 < 0,05. x

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153333 RINTA WAHYUNING TYAS
Date Deposited: 13 May 2019 03:36
Last Modified: 13 May 2019 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item