PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO

UMI MAHMUDAH, 17205153188 (2019) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (378kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo” ini ditulis oleh Umi Mahmudah, NIM 17205153188, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah tentang kegiatan belajar siswa karena di MI Sabilul Muhtadin ini masih banyak dijumpai kegiatan belajar siswa yang kurang maksimal. Hal ini menunjukkan belum terbentuknya suatu kebiasaan belajar yang efektif. Pembentukan suatu kebiasaan belajar yang baik dapat dilihat dari aktivitas dan kesiapan belajar siswa pada saat di sekolah. Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tergerak untuk mengangkat permasalahan seberapa erat pengaruh antara kebiasaan belajar dengan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Adakah pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo?; 2) Adakah pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo?; 3) Adakah pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah quota random sampling. Data yang digunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran angket dan data sekunder dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS) yang diperoleh dari guru kelas, profil sekolah, dan informasi jumlah peserta didik. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, digunakan analisis regresi linear sederhana dan uji manova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo. Dengan hasil analisis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,131 > 1,684 dan sig sebesar 0,038 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima; 2) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo. Dengan hasil analisis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 19,636 > 1,684 dan sig sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima; 3) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo. Dengan hasil signifikasi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar mampu mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar, jika kebiasaan belajar baik maka motivasi belajar dan hasil belajar siswa juga baik di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153188 UMI MAHMUDAH
Date Deposited: 13 May 2019 04:49
Last Modified: 13 May 2019 04:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10901

Actions (login required)

View Item View Item