IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

HARIS HARIRUL HUDA, 17201153107 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (455kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Haris Harirul Huda, 17201153107, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementsi, Nilai-nilai pendidikan karakter Ketertarikan peneliti mengambil judul skripsi ini dikarenakan peneliti menemukan masalah ini ketika peneliti maksanakan PPL. Peneliti sering menemukan perilaku peserta didik yang kurang terpuji seperti tidak jujur, menyontek, terlambat, berkata kotor, tidak sopan, dll baik saat proses belajar mengajar dikelas maupun diluar kelas. Peneliti beranggapan bahwa fenomena diatas disebabkan oleh pesatnya perkembangan zaman yang mana keterbukaan segala informasi semakin tidak terbendung dan terus menerus dikonsumsi para peserta didik. Implementasi pendidikan karakter ini di harapkan dapat menjadi solusi dan meningkatkan kesadaran peserta didik akan moral dan karakter yang baik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang mana pada akhirnya bisa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 1 T ulungagung?, (2) Bagaimana dampak implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 1 Tulungagung?, (3) Apa faktor pendukung, faktor penghambat dan solusi hambatan yang di hadapi dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 1 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan peneliti adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 1 Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan dampak implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 1 Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung, faktor penghambat dan solusi hambatan yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitianya bertempat di MTsN 1 Tulungagung, sumber data dari penelitian ini melalui tiga unsur (person, place, paper), metode pengumpulan datanya juga terdiri dari tiga cara )wawancara, observasi, dan dokumentasi(. Dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan, dalam pengecekan keabsahan data menggunakan Uji Derajat kepercayaan (Credibility), Uji keteralihan (Trensferability), Uji kebergantungan (Dependability), Uji kepastian (Confirm Ability) Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pendidikan karakter di MTsN 1 Tulungagung yakni terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas, terintegrasi dalam kegiatan ekstrakulikuler, terintegrasi dalam kegiatan yang membudaya disekolah, terintegrasi dalam keseharian dirumah. (2) Dampak Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter di MTsN 1 Tulungagung meliputi moral knowing (Siswa mampu mengambil sikap secara pribadi, siswa belajar dari pengalaman, sadar akan tanggung jawabnya dan tidak melanggar tata tertib( Moral loving (Siswa lebih percaya diri, rasa tenggang rasa, selalu rendah hati, hatihati dalam melakukan sesuatu dan siap menerima konsekuensi jika melanggar tata tertib(, moral doing/moral acting (disiplin, ersedia menyisihkan uang saku untuk jumat amal, Sopan dan santun, tanggung jawab, ramah terhadap teman), (3) Faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter di MTsN 1 Tulungagung meliputi (a) Faktor pendukung: komitmen tenaga pendidik, sarana prasarana, tenaga dari luar, dukungan orang tua, dan lingkungan, (b) Faktor penghambat: kurang disiplinya sebagian guru yang mendapat jadwal piket, pemanfaatan sarana prasarana kurang maksimal, perbedaan latar belakang keluarga peserta didik, keadaan lingkungan yang tidak kondusif, faktor internal peserta didik, kondisi Alam (Cuaca). Solusi permasalahan yang dihadapi yaitu evaluasi oleh kepala sekolah dan semua pendidik, pelatihan/workshop, kontrol guru terhadap peserta didik, paguyupan wali murid, mengganti kegiatan outdoor menjadi indoor, memberlakukan sanksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 17201153107 Haris Harirul Huda
Date Deposited: 09 May 2019 02:44
Last Modified: 31 Mar 2020 01:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item