STRATEGI PERMAINAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS X MAN 1 TULUNGAGUNG

SAEFUDIN ZUHRI, 17201153369 (2019) STRATEGI PERMAINAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS X MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Permainan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas X MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Saefudin Zuhri, NIM. 17201153369, pembimbing Dr. Sukarsono, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Permainan, Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dalam suatu proses pembelajaran, dimana guru perlu menyusun sebuah strategi dalam pembelajaran agar pembelajaran bisa lebih efektif dan efisien. Guru harus mampu merancang strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan minat dan keinginan siswa, serta mampu memberikan suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran dan juga memberikan kemudahan siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan. Dengan adanya prinsip tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang strategi permainan yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung? (2) Faktor apa saja yang mendukung strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung? (3) Faktor apa saja yang menghambat strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung? (4) Bagaimana dampak strategi permainan guru terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. (2) Mengetahui faktor apa saja yang mendukung strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. (3) Mengetahui faktor apa saja yang menghambat strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. (4) Mengetahui seberapa besar dampak strategi permainan guru terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif, model rancangan Studi Kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi kepada informan melalui proses tanya jawab terkait strategi permainan yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, observasi dilakukan untuk mengetahui tentang penerapan strategi permainan dalam peristiwa pembelajaran di kelas, sedangkan dokumentasi untuk menggali data tentang peningkatan prestasi belajar siswa selama guru menggunakan strategi permainan dalam pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui peristiwa pembelajaran di kelas, wawancara dengan informan, serta studi dokumen yang mendukung perolehan data xii penelitian. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Aktivitas dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa lebih aktif dan antusias. Jenis permainan yang digunakan bermacam-macam seperti bermain menghafal dalil dengan lagu, film ilustrasi, tebak kata, key bird, teka-teki silang, slide kotak tanya jawab, bermain SOS, dan sebagainya. (2) Faktor pendukung strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu faktor internal, seperti antusiasme dan kreatifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Faktor eksternal, seperti sarana yang memadai. Faktor pendekatan belajar, seperti pemilihan jenis permainan. (3) Faktor penghambat strategi permainan guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, meliputi faktor internal seperti rendahnya motivasi siswa dalam belajar dan keterbatasan prasarana dalam pembelajaran. Faktor eksternal seperti atmosfer belajar yang tidak kondusif dan terlalu ramai. (4) Dampak strategi permainan guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran AlQur’an Hadits, meliputi strategi permainan guru mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, strategi bermain menghafal dengan lagu dapat mempermudah siswa dalam menghafalkan dalil-dalil hadits serta hafalan yang dimiliki siswa cenderung bertahan lebih lama, strategi permainan mampu mempermudah siswa dalam menerima pelajaran, strategi permainan guru mampu meningkatkan pengetahuan dan juga hasil prestasi belajar siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153369 SAEFUDIN ZUHRI
Date Deposited: 09 May 2019 07:38
Last Modified: 09 May 2019 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item