MUHAMMAD SYAHRUL MUNIR, 17201153079 (2019) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (348kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh penggunaan sumber belajar oleh Guru Aqidah Akhlak sebagai bagian yang terpenting dari suatu proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam penggunaan sumber belajar harus dilakukan dengan tepat tentu berpengaruh pada terlaksananya tujuan yang ingin di capai. Disini tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafiiyah Gondang. (2)Bagaimana fungsi penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafiiyah Gondang. (3)Bagaimana dampak penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafiiyah Gondang. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1)Untuk mengetahui penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar Akidah Akhlak di MTs Assyafiiyah Gondang. (2)Untuk mengetahui fungsi penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafiiyah Gondang. (3)Untuk mengetahui dampak penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafiiyah Gondang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. dengan metode ini diharapkan dapat pemperoleh data-data yang kongrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian di MTs Assyafiiyah Gondang. setelah data terkumpul kemudian dianalisis melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif. Hasil penelitinnya adalah : (1) kualitas proses pembelajaran dapat meningkat dengan menggunakan sumber belajar antara lain modul/LKS, menggunakan sumber belajar perpustakaan, menggunakan sumber belajar internet, menggunakan sumber belajar narasumber dan lingkungan. (2) sebagai sumber belajar siswa, menanamkan konsep baru kepada anak didik mengenai pelajaran Aqidah Akhlak, membuat siswa aktif dalam berinteraksi dikelas maupun diluar kelas, penggunaan sumber belajar yang bervariatif akan membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. (3) memberikan pengalaman belajar secara langsung dan konkret kepada anak didik, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, mempermudah siswa dalam xiv memahami materi yang disampaikan, menjadikan siswa lebih aktif dan komunikatif dalam pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan lebih efisien.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153079 MUHAMMAD SYAHRUL MUNIR |
Date Deposited: | 09 May 2019 06:59 |
Last Modified: | 09 May 2019 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10973 |
Actions (login required)
View Item |