ALFRIDA PUTRI WARDANA, 17208153018 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KERJASAMA, KOMUNIKASI, DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (829kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (606kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (566kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kerjasama, Komunikasi, dan Hasil Belajar IPA Tema Sistem Pernafasan Manusia pada Peserta Didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Alfrida Putri Wardana, NIM. 17208153018, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Jigsaw, kerjasama, komunikasi, hasil belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP adalah salah satu pembelajaran yang bukan hanya sebagai pendidikan disiplin ilmu. Namun pendidikan IPA juga memadukan berbagai aspek seperti sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Pembelajaran IPA bukan hanya untuk menguasai sejumlah pengetahuan, tetapi juga harus menyediakan ruang yang cukup untuk tumbuh berkembangnya sikap ilmiah, berlatih melakukan proses pemecahan masalah, dan penerapannya dalam kehidupan nyata. Untuk tercapainya hal tersebut perlu diadakan inovasi dalam proses belajar mengajar dan perlu adanya inovasi model pembelajaran yang menarik, kreatif dan tidak membosankan salah satu model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kerjasama peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungungwaru?, 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap komunikasi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungungwaru?, 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungungwaru?, 4) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kerjasama, komunikasi, dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungungwaru?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kerjasama peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap komunikasi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, 4) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kerjasama, komunikasi, dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian adalah eksperimen semu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas ekserimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kerjasama xix peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini ditunjukkan oleh ttabel ≤ thitung yaitu 1,672 < 4,176 dan sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap komunikasi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini ditunjukkan oleh ttabel ≤ thitung yaitu 1,672 < 2,636 dan sig (2-tailed) = 0,011 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini ditunjukkan oleh ttabel ≤ thitung yaitu 1,672 < 2,242 dan sig (2-tailed) = 0,029 < 0,05. 4) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara bersama-sama antara kerjasama, komunikasi, dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini dibuktkan oleh harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambada, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai Sig. 0.002 dimana Sig. 0,002 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153018 ALFRIDA PUTRI WARDANA |
Date Deposited: | 14 May 2019 06:52 |
Last Modified: | 14 May 2019 06:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11091 |
Actions (login required)
View Item |