NIBAYATUL MUFIDA, 17201153241 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung”, ini ditulis oleh Nibayatul Mufida, NIM. 17201153241. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muh. Kharis, M.Pd, NIP. 196505121998031002. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya siswa dalam mengendalikan kecerdasan emosionalnya ketika menghafal Al-Qur’an. Permasalahan yang sering dihadapi para siswa terkait hafalan adalah terkadang mereka putus asa dan berpersepsi bahwa menghafalkan Al-Qur’an itu sulit, hal ini terlihat dari kurangnya keberanian dan merasa belum bisa ketika menyetorkan hafalan kepada guru. Sehingga siswa belum bisa konsisten terhadap jadwal hafalan. Rumusan Masalah : (1) Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung? (2) Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi Diri Sendiri terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung? (3) Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi Diri Sendiri terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung? Tujuan Penelitian : (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi Diri Sendiri terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi Diri Sendiri terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif jenis expostfacto dengan populasi siswa kelas VII,VIII, dan IX di MTsN 2 Tulungagung yang terdiri dari 82 siswa. Variabel Bebas : Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi Diri Sendiri. Variabel Terikat: Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa. Sumber data : Responden, Informan, dan Dokumen. Teknik Pengumpulan Data : Angket, Data Hasil Hafalan. Teknik Analisis Data: Uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, dan anova dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil Penelitian : (1) Ada pengaruh antara Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung. Dari analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh antara Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi Diri Sendiri terhadap Kemampuan Menghafal AlQur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung. Dari analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05. (3) Ada pengaruh xix antara Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi Diri Sendiri terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai F hitung = 14,776 dan pengaruhnya sebesar 22,5%
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153241 NIBAYATUL MUFIDA |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:35 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11093 |
Actions (login required)
View Item |