DESICA WAHYU M, 17201153516 (2019) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (706kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (517kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di Man 2 Blitar” ini ditulis oleh Desica Wahyu M, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM. 17201153516, Pembimbing Dr. Susanto, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Penilaian autentik dan hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan kualitas pendidikan untuk menghasilkan output yang kompetitif. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas peserta didik melalui proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan penilaian sesuai dengan Kurukulum 2013 yang sifatnya menyeluruh meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yaitu penilaian autentik. Dalam penelitian ini peneliti mengkaitkan penerapan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana prosedur penerapan penilaian autentik pada Mata Pelajaran Fiqh di MAN 2 Blitar?, (2) Bagaimana tindak lanjut dari penerapan penilaian autentik pada Mata Pelajaran Fiqh di MAN 2 Blitar?, (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan penilaian autentik pada Mata Pelajaran Fiqh di MAN 2 Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN 2 Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh data berkaitan dengan rumusan masalah no 3. Sementara itu wawancara digunakan untuk mendapatkan data berkaitan dengan rumusan masalah no 1, 2 dan 3. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan penilaian autentik pada Mata Pelajaran Fiqh di MAN 2 Blitar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Prosedur penilaian autentik pada Mata Pelajaran Fiqh di MAN 2 Blitar tersusun secara sistematis (2) Tindak lanjut guru Mata Pelajaran Fiqh dalam penerapan penilaian autentik sudah sesuai dengan tujuan diselenggarakannya penerapan penilaian autentik yang prakteknya ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan atau sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan oleh guru-guru dari berbagai sekolah baik di tingkat KEMENAG, kota maupun provinsi untuk membahas perkembangan penerapan penilaian autentik (3) Hasil belajar yang diperoleh peserta didik Mata Pelajaran Fiqh dengan adanya penilaian autentik telah mengalami peningkatan. Pada aspek sikap peserta didik akhlaknya semakin baik, pada aspek pengetahuan peserta didik mampu berfikir secara kritis yang dapat mendorong partisipasi aktif dan kreatif terhadap materi pelajaran Fiqh, dan pada aspek keterampilan peserta didik dapat xvii mempraktikkan pembelajaran yang diperoleh pada kehidupan sehari-hari baik terutama dilingkup sekolah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153516 DESICA WAHYU M |
Date Deposited: | 10 May 2019 06:45 |
Last Modified: | 10 May 2019 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11094 |
Actions (login required)
View Item |