MAWADDATUR ROCHMAH, 1720853014 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (340kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (164kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Mawaddatur Rochmah, NIM. 17208153014, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainnya metode belajar yang dipilih, siswa belum terlibat langsung dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan semangat belajar siswa kurang. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan melihat tingkat motivasi dalam kaitannya dengan hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol? (2) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol? Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) rancangan penelitian ini menggunakan Nonequivalent Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019 yaitu 367 siswa. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa. Model pembelajaran Inkuiri digunakan pada kelompok eksperimen yaitu kelas VIII-I, sedangkan pembelajaran langsung (direct instruction) digunakan pada kelompok kontrol yaitu kelas VIII-H. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu observasi, angket, tes dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian yang pertama uji validitas dan reliabilitas selanjutnya uji prasarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji anava dua jalur. Dari hasil penelitian, (1) diketahui pembelajaran dengan nilai signifikansi adalah 0,031, maka 0,031 < 0,05, H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol, (2) nilai signifikansi tingkat motivasi adalah 0,000, maka 0,000 < 0,05, H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol, (3) nilai signifikansi pembelajaran dan tingkat motivasi adalah 0,043, maka 0,043 < 0,05, H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 1720853014 MAWADDATUR ROCHMAH |
Date Deposited: | 10 May 2019 06:27 |
Last Modified: | 10 May 2019 06:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11095 |
Actions (login required)
View Item |