PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP KECERDASAN SISWA DI SMP TAHFIDZ AL-IKHLAS KARANGREJO TULUNGAGUNG

DWI KHUSNA LEDYANA, 17201153213 (2019) PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP KECERDASAN SISWA DI SMP TAHFIDZ AL-IKHLAS KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Quran Terhadap Kecerdasan Siswa Di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung” ditulis oleh Dwi Khusna Ledyana, NIM. 17201153213, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag, NIP. 19760827 200501 1 005 Kata Kunci: Aktivitas Menghafal al-Quran, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya aktivitas yang dilakukan siswa dalam menghafal al-Quran, apakah dengan adanya aktivitas menghafal al-Quran tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah aktivitas menghafal al-Quran dengan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh aktivitas menghafal al-Quran terhadap kecerdasan emosional (EQ) siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung? (2) Adakah pengaruh aktivitas menghafal alQuran terhadap kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung? (3) Adakah pengaruh aktivitas menghafal al-Quran terhadap kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh aktivitas menghafal al-Quran terhadap kecerdasan emosional, pengaruh aktivitas menghafal al-Quran terhadap kecerdasan spiritual serta pengaruh aktivitas menghafal al-Quran terhadap kecerdasan emosional dan spiritual di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 42 siswa. Penelitian ini tidak menggunakan teknik sampling, melainkan mengambil seluruh populasi untuk diteliti atau penelitian populasi. Variabel bebas: aktivitas menghafal al-Quran. Variabel terikat: kecerdasan (emosional dan spiritual). Sumber data: siswa SMP Tahfidz al-Ikhlas. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji regresi sederhana dan uji manova dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas menghafal al-Quran terhadap kecerdasan emosional (EQ) siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung. Dari hasil analisis data menunjukkan nilai thitung 3,554 > nilai ttabel 1,684 dan nilai signifikansi menunjukkan 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh aktivitas menghafal al-Quran terhadap kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung. Dari hasil analisis data menunjukkan nilai thitung 4,412 > nilai ttabel 1,684 dan nilai signifikansi menunjukkan 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh aktivitas menghafal alQuran terhadap kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung. Dari hasil analisis data menunjukkan perhitungan Roy’s Largest Root diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153213 DWI KHUSNA LEDYANA
Date Deposited: 13 May 2019 02:36
Last Modified: 13 May 2019 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11096

Actions (login required)

View Item View Item