PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

UMUL AZIZAH, 17201153515 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi denga judul “Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Umul Azizah, NIM 17201153515, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Abdulloh Chakim, S. Ag., M.Pd. Kata Kunci: Penanaman, Nilai-Nilai Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana terjadinya pergeseran norma-norma sosial dan nilai-nilai keagamaan dalam masyarakat, khususnya yang sering terjadi pada peserta didik, yang menyebabkan banyaknya terjadi kenakalan pada remaja. Sehingga dalam pendidikan perlu adanya penanaman nilai-nilai religius sebagai suatu cara atau proses menanamkan nilai- nilai religius yang bersumber dari ajaran agama islam yang dianut oleh seseorang dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang bertujuan agar seseorang atau peserta didik dalam kehidupa sehari-harinya tidak terlepas dari pengalaman agama, berakhlak mulia, berkepribadian luhur dan berwatak sesuai dengan ajaran islam. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Faktor apa saja yang mendukung dalam penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Faktor apa saja yang menghambat dalam penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor peghambat penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumen-dokumen. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan kehadiran, dan pembahasan dengan temat sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung adalah sebagai berikut: a) Memiliki visi dan misi yang sama dengan tujuan pendidikan yaitu menanamkan nilai religius dan memperbaiki karakter siswa menjadi pribadi yang muslim, mandiri dan kreatif. b) Adanya program kegiatan penanaman nilai-nilai religiua mulai dari awal KBM sampai dengan berakhirnya KBM serta kegiatan yang dilakukan di luar KBM. c) Adanya program-program tersebut bertujuan agar nilai-nilai religius dapat tertanam pada diri peserta didik. d) Penanaman nilai religius dalam proses pembelajaran umum. (2) Faktor pendukung penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung adalah: a) Adanya dukungan serta perhatian orang tua dalam kegiatan menanamkan nilai-nilai religius. b) Adanya dukungan dari lingkungan/masyarakat dalam program kegiatan penanaman nilai-nilai religius. c) Adanya sanksi bagi anak yang tidak mengikuti kegiatan penanaman nilai-nilai religius. (3) Faktor penghambat penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di MTs Sultan Agung adalah: a) Kurangnya kesadaran dalam diri siswa mengenai pentingnya program-program penanaman nilai-nilai religius. b) Faktor teman sebaya yang tidak baik. c) Fasilitas yang kurang memadai. d) Kurangnya pembina atau SDM dalam penanaman nilai-nilai religius.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153515 UMUL AZIZAH
Date Deposited: 10 May 2019 07:23
Last Modified: 10 May 2019 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item