PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN LINGKUNGAN MADRASAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS IX MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

SITI LAILATUL FUADIYAH, 17201153501 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN LINGKUNGAN MADRASAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS IX MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (643kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Lingkungan Madrasah Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar.” Ini ditulis oleh Siti Lailatul Fuadiyah, NIM 17201153501, pembimbing Dr. Nurul Hidayah, M. Ag. Kata kunci : Kedisiplinan Siswa, Lingkungan Madrasah, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa faktor yang memengaruhi prestasi belajar, baik yang berasal dari dalam diri individu maupun diluar individu. Adanya kesadaran sikap disiplin sangat penting bagi siswa demi lancarnya proses belajar di sekolah. Selain itu, adanya lingkungan madrasah yang nyaman juga mendukung berlangsungnya proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh kedisiplinan siswa dan lingkungan madrasah terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟raif Bakung Udanawu Blitar. Rumusan masalah penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Adakah pengaruh lingkungan madrasah terhadap prestasi akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa dan lingkungan madrasah terhadap prestasi akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar akidah siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan madrasah terhadap prestasi belajar akidah siswa MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar (3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa dan lingkungan madrasah terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Penyebaran angket dilakukan dengan populasi siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 296 siswa, diambil sampel 25% dari jumlah populasi, sehingga diperoleh sampel 76 siswa sebagai responden. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner dengan sejumlah instrumen pertanyaan yang telah dipersiapkan. Data pendukung yang lain diperoleh dengan observasi dan dokumentasi kepada guru dan siswa. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut dianalisis dengan bantuan program SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan : (1) ada pengaruh antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung xv Udanawu Blitar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel (2,791 > 1,992) dan taraf sig = 0,007 < 0,05, (2) ada pengaruh antara lingkungan madrasah terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel (3,865 > 1,992) dan taraf sig = 0,000 < 0,05, (3) ada pengaruh antara kedisiplinan siswa dan lingkungan madrasah terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar, dengan nilai F hitung yang diperoleh 17,337 dan Ftabel 3.133 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, dinyatakan signifikan, 17,337  3,33 artinya F hitung lebih besar dari F tabel, sehingga semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa dan lingkungan madrasah maka prestasi belajar semakin tinggi. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak hipotesis kerja (Ha) diterima. Dan pengaruh variabel bebas (kedisiplinan siswa dan lingkungan madrasah) sebesar 30,3%

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153501 SITI LAILATUL FUADIYAH
Date Deposited: 10 May 2019 06:39
Last Modified: 10 May 2019 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item View Item