EVI NOVIA SANTI, 17401153181 (2019) PENGARUH PENGETAHUAN, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT ANGGOTA MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAAL WA TAMWIL PEREKONOMIAN TASYRIKAH AGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (188kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, dan Promosi terhadap Minat Anggota Memilih Produk Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Perekonomian Tasyrikah Agung Tulungagung” ini ditulis oleh Evi Novia Santi, NIM. 17401153181,jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung denganPembimbing oleh Dyah Pravitasari, M.SA. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perilaku konsumen. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan perilaku konsumen adalah dengan meningkatkan minat anggota, indikator yang mempengaruhi minat anggota adalah pengetahuan, lokasi, dan promosi. Pengetahuan yang dimiliki oleh anggota maupun calon anggota akan menimbulkan pengaruh terhadap minat anggota. Selain itu, yang paling penting dalam meningkatkan minat anggota adalah lokasi yang strategis, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau akan mempengaruhi minat calon anggota untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh BMT. Begitu juga dengan melakukan promosi maka dengan memberikan informasi yang baik tentang produk atau jasa yang ditawarkan juga akan mempengaruhi minat anggota. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengetahuan produk pembiayaan Murabahah terhadap minat anggota memilih produk pembiayaan Murabahah, menganalisis pengaruh lokasi terhadap minat anggota, serta menganalisis pengaruh promosi terhadap minat anggota menggunakan produk pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Perekonomian Tasyrikah Agung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT PETA Tulungagung tahun 2018 yang berjumlah 31 anggota dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 31 anggota. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji instrumenyang digunakan untuk menghasilkan penelitian yang akurat yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji statistik yang terdiri dari uji t untuk menguji variabel secara parsial, serta uji F untuk menguji antar variabel secara bersama-sama. Sedangkan uji asumsi klasik ditujukan untuk mengetahui apakah ada pelanggaran dalam model regresi yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pada uji statistik menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukkan variabel pengetahuan, lokasi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota memilih produk pembiayaan Murabahah dan hasil uji F menunjukkan seluruh variabel independen secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Pengetahuan, Lokasi, Promosi, Minat Anggota.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153181 EVI NOVIA SANTI |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:40 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11139 |
Actions (login required)
View Item |