STUDI KOMPARASI PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN ETIKA KERJA ISLAMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK DAN NON BANK (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri dan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Perekonomian Tasyrikah Agung Tulungagung)

DINA AGUSTIN ULFIANA, 17401153179 (2019) STUDI KOMPARASI PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN ETIKA KERJA ISLAMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK DAN NON BANK (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri dan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Perekonomian Tasyrikah Agung Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Komparasi Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Etika Kerja Islami Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank dan Non Bank (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri dan KSPPS BMT PETA Tulungagung)” ini ditulis oleh Dina Agustin Ulfiana, NIM 17401153179, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung dengan Pembimbing oleh Lantip Susilowati, S.Pd., M.M Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengelolaan sumber daya manusia. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan sumber daya adalah dengan pengoptimalan kinerja karyawan, indikator yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah kepemimpinan, lingkungan kerja dan etika kerja Islami. Cara dan sikaf dari seorang pemimpin akan menimbulkan pengaruh terhadap kinerja karyawan. Selain itu, yang paling penting dalam meningkatkan kinerja adalah lingkungan kerja yang nyaman, lingkungan kerja sebaiknya dibuat senyaman mungkin supaya terjalin hubungan yang baik antara satu sama lain. Begitu juga dengan penerapan etika kerja Islami maka perasaan akan lebih tenang dalam melaksanakan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Bank dan Non Bank, menganalisis perbedaan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank dan Non Bank, menganalisis perbedaan etika kerja Islami terhadap kinerja karyawan pada Bank dan Non Bank, serta menganalisis perbedaan pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan etika kerja Islami terhadap kinerja karyawan pada Bank dan Non Bank. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri dan KSPPS BMT PETA Tulungagung. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pada Bank kepemimpinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu pada Non Bank kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial pada Bank dan Non Bank lingkungan kerja sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial pada Bank etika kerja Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu pada Non Bank etika kerja Islami berpengaruh negatif dan signifkan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan secara simultan pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri dan KSPPS BMT PETA Tulungagung kepemimpinan, lingkungan kerja dan etika kerja Islami berpengaruh positif dan signifikan, dengan hasil perbandingan lebih besar pengaruhnya pada Non Bank dari pada Bank. Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Etika Kerja Islami, Kinerja Karyawan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153179 DINA AGUSTIN ULFIANA
Date Deposited: 13 May 2019 02:39
Last Modified: 13 May 2019 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item