PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEDISIPLINAN BERIBADAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

UMU HAINURIZA, 17201153150 (2019) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEDISIPLINAN BERIBADAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Kedisiplinan Beribadah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Umu Hainuriza, Pendidikan Agama Islam, NIM 17201153150 Tahun 2019 dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Peran Guru Aqidah Akhlaq, Nilai-Nilai Religius, Kedisiplinan Beribadah Skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi masa sekarang ini yakni perilaku remaja yang jauh dari nilai-nilai islam yang mulai meresahkan. Mengingat pentingnya peran guru Aqidah akhlaq dalam meningkatkan nilai-nilai religius pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung karena selain mengajarkan tentang materi pelajaran Aqidah Akhlak, mereka juga memiliki peran yang besar dalam memberikan teladan yang baik agar nilai-nilai religius pada peserta didik meningkat sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad melalui kedisiplinan beribadah. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan nilai religius Shidiq pada peserta didik melalui kedisiplinan beribadah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung ?; (2) bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan nilai religius Amanah pada peserta didik melalui kedisiplinan beribadah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung ?; (3) bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan nilai religius Tabligh pada peserta didik melalui kedisiplinan beribadah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung ?; (4) bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan nilai religius Fatonah pada peserta didik melalui kedisiplinan beribadah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan tekhnik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan tekhnik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan peneliti, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian: (1), peningkatan nilai religius shiddiq melalui kedisiplinan beribadah adalah dengan menjadi panutan yang baik bagi peserta didik, pemberian motivasi melalui cerita, guru aqidah menjadi pengawas saat siswa melaksanakan kedisiplinan beribadah, serta membiasakan siswa untuk selalu berperilaku jujur. (2) peningkatan nilai religius amanah melalui kedisiplinan beribadah adalah guru melakukan perannya sebagai pembimbing dan pendamping siswa, serta penanaman tanggung jawab dalam diri siswa., (3) peningkatan nilai religius tabligh melalui kedisiplinan beribadah adalah guru berperan sebagai pendidik, adanya pembiasaan Qultum setelah sholat dzuhur, adanya kegiatan infak setiap hari jum’at, dan adanya uang duka saat ada wali murid yang meninggal dan untukmenyumbang jika ada bencana alam disuatu tempat, serta adanya kegiatan donor darah., (4) peningkatan nilai religius fatonah melalui kedisiplinan beribadah adalah guru memaksimalkan perannya sebagai pendidik, memberikan motivasi kepada peserta didik, menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Serta adanya program dari sekolah yakni menghafal juz 30 bagi seluruh siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153150 UMU HAINURIZA
Date Deposited: 14 May 2019 04:17
Last Modified: 14 May 2019 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item