SITI MAR’ATUS SHOLIKAH, 17205153199 (2019) PENGARUH LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (413kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (594kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (115kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun 2019”. Skripsi ini ditulis oleh Siti Mar’atus Sholikah,NIM. 17205153199 pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah,M.Pd.I. Kata kunci : Ekonomi orang tua dan motivasi belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa Ekonomi orang tua dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa,Peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlah penting terutama yang berkenaan dengan kondisi ekonomi orang tua,orang tua yang kehidupan ekonominya keatas dan menengah jauh lebih mudah untuk mencukupi kebutuhan dan fasilitas pendidikan anaknya, sedangkan orang tua yang ekonominya tergolong kebawah akan mengalami kesulitan dalam mencukup kebutuhan dan fasilitas pendidikan untuk anaknya, jika fasilitas belajar anak tidak terpenuhi maka hal itu akan memengaruhi motivasi anak dalam belajar, motivasi berkaitan dengan kesadaran diri seseorang untuk belajar dan mencapai tujuan yang diinginkan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh latar belakang status sosial ekonomi keatas orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?(2) Adakah pengaruh latar belakang status sosial ekonomi menengah orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?(3) Adakah pengaruh latar belakang status sosial ekonomi kebawah orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?(4) Seberapa besarkah pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh latar belakang status sosial ekonomi keatas orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.(2) Pengaruh latar belakang status sosial ekonomi menengah orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.(3) Pengaruh latar belakang status sosial ekonomi kebawah orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.(4) Seberapa besarkah pengaruh latar belakang status sosial ekonomi orang terhadap tua motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 33 siswa dan teknik pengumpulan data menggunakan angket,angket digunakan untuk memperoleh data tentang ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda dan sumbangan efekti yang sebelumnya dilakukan yaitu uji normalitas,uji linieritas adan uji asumsi klasik.berdasarkan analisa data xvi menunjukkan bahwa secara individual atau bersama-sama ekonomi keluarga keatas,ekonomi menengah, dan ekonomi kebawah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V,berdasarkan analisa dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : (1) Ekonomi keatas orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang, karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (-4,043 > t tabel = 1,833),(2) Ekonomi Menengah orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang karena nilai t hitung lebih besar daripada t tabel diperoleh nilai t hitung = 4,690 > t tabel = 1,833,(3) Ekonomi kebawah orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang karena nilai t hitung lebih besar daripada t tabel diperoleh nilai t hitung = 2,477 > t tabel = 1,833,(4) Besar pengaruh latar belakang status sosial Ekonomi kebawah orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang pada model Summary yaitu R Square adalah 0,795 artinya 79,5 %,jadi dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa adalah 79,5 %, dan 20,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153199 SITI MAR’ATUS SHOLIKAH |
Date Deposited: | 13 May 2019 04:54 |
Last Modified: | 13 May 2019 04:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11159 |
Actions (login required)
View Item |