Trisnawati, Dhanik Puri (2012) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (106kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (84kB) |
|
Text
BAB IV - NEW.docx Download (74kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (86kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
Abstract
Kata Kunci : Prestasi Belajar Siswa, Pengaruh Media Audio Visual. Prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh berbagai upaya yang dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran. Pembelajaran Matematika dengan metode konvensional dan kurang bervariatif dapat mengakibatkan kejenuhan pada siswa sehingga hasil belajar mereka kurang memuaskan. Penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan proses pembelajaran matematika, karena dengan media ini siswa dapat menggunakan lebih banyak inderanya secara lebih intensif. Perbedaan proses pembelajaran ini memungkinkan adanya perbedaan pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012? (2) Seberapa besar pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012? Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sltan Agung Jabalsari Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sumber data dalam penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B MTs Sultan Agung. Metode pengumpulan data (1) Observasi, (2) Interview, (3) Tes, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik atau metode statistik, yaitu dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh rata-rata nilai test kelas eksperimen sebesar 89,15 dan nilai test kelas kontrol sebesar 80,61. Disamping itu, sesuai dengan perhitungan yang menggunakan analisis Uji t hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,05 atau t hitung = 8,350 > t tabel = 2,0294 berarti Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima artinya bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan media visual terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung sebesar 10,66 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 07:38 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1116 |
Actions (login required)
View Item |