PENGARUH FAKTOR BUDAYA, KELAS SOSIAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA BAITUL MAAL WA TAMWIL ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG

Putri Nur Apriani, 17401153031 (2019) PENGARUH FAKTOR BUDAYA, KELAS SOSIAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA BAITUL MAAL WA TAMWIL ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Faktor Budaya, Kelas Sosial dan Religiusitas terhadap Minat Menabung Anggota Baitul Maal wa Tamwil Istiqomah Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Nur Apriani, 17401153031, di bimbing oleh Bu Dr. Hj. Nur Aini Latifah, S.E.,MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh faktor budaya, kelas sosial, dan religiusitas terhadap minat menabung anggota baitul maal wa tamwil Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Faktor budaya dan kelas sosial merupakan faktor ekstern dan religiusitas merupakan faktor intern dari dalam diri konsumen. Yang berkaitan erat dengan tingkah laku keyakinan, gaya hidup dan nilai pembeli. Karena banyak karakteristik ini memiliki dampak yang sangat langsung pada perilaku konsumen yang akan mempengaruhi tindakan maupun minat dalam menabung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) adanya pengaruh faktor budaya terhadap minat menabung anggota BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung (2) adanya pengaruh kelas sosial terhadap minat menabung anggota BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung (3) Adanya pengaruh religiusitas terhadap minat menabung anggota BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung (4) Adanya pengaruh secara bersama-sama antara faktor budaya, kelas sosial dan religiusitas terhadap minat menabung anggota BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung (5) adanya faktor yang paling berpengaruh terhadap minat menabung anggota BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 98 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan metode validitas dan reabilitas, normalitas, asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara statistik antara faktor budaya. (2) pada variabel kelas sosial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara statistik. (3) pada variabel religiusitas terdapat pengaruh positif dan signifikan secara statistik (4) serta juga dengan pengaruh faktor budaya, kelas sosial dan religiusitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan statistik terhadap minat menabung anggota. (5) variabel religiusitas adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap minat menabung anggota BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Kata Kunci : Faktor Budaya, Kelas Sosial dan Minat Menabung

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153031 Putri Nur Apriani
Date Deposited: 13 May 2019 04:54
Last Modified: 13 May 2019 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item