PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V SDI AN-NASHR KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/ 2019

ARMANIA DYAH FALAHULI, 17205153109 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V SDI AN-NASHR KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/ 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV dan V SDI An - Nashr Kauman, Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019.”, Ini ditulis oleh Armania Dyah Falahuli, NIM. 17205153109. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. NIP: 19800825 200604 1 007 Kata Kunci: Ligkungan Belajar, Presatasi Belajar Peserta Didik Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa faktor internal dan faktor eksternal dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Salah satu faktor eksternal tersebut adalah lingkungan belajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah lingkungan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di SD Islam An-Nashr Kauman Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 ? 2) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 ? 3) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V di SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? 4) Adakah pengaruh yang signifikan secara bersama–sama antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. 4) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara bersama–sama antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV dan V SDI An – Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDI An-Nashrxxiv Kauman Tulungagung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 47 peserta didik dan sampel penelitian sejumlah 47 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linieritas, dan uji asumsi klasik. Pengujian – pengujian tersebut menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data dalam penelitian ini antara lain: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar aqidah akhlak di SDI An-Nashr Kauman Tulungagung. Dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel (7,118 > 2,0154) dan nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar aqidah akhlak di SDI An-Nashr Kauman Tulungagung. Dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel (7,783 > 2,0154) dan nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar aqidah akhlak di SDI An-Nashr Kauman Tulungagung. Dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel (7,789 > 2,0154) dan nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05. 4) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar aqidah akhlak di SDI An-Nashr Kauman Tulungagung. Dapat dilihat data menunjukkan Fhitung (38.720) > Ftabel (2,800). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) adalah 0,000 < 0,05. Sumbangan pengaruh variabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SDI An-Nashr Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 adalah sebesar 73%, sedangkan 27% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153109 Armania Dyah Falahuli
Date Deposited: 14 May 2019 07:47
Last Modified: 26 Mar 2020 13:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item View Item