PENGARUH ZAKAT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

NURAINUN KHOIRIYAH, 17401153147 (2019) PENGARUH ZAKAT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (726kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Zakat dan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia” ini ditulis oleh Nurainun Khoiriyah, NIM. 17401153147, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung di bimbing oleh Dr. Agus Eko Sujianto, SE., MM. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kinerja bank syariah yang baik yang diukur menggunakan return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). Salah satu yang dilakukan perbankan syariah agar dapat meningkatkan kinerjanya, bank syariah melakukan kegiatan sosial berupa penyaluran dana zakat dan corporate social responsibility (CSR). Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh zakat terhadap kinerja (ROA), (2) menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja (ROA), (3) menguji pengaruh zakat terhadap kinerja (ROE), (4) menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja (ROE), (5) menguji pengaruh zakat dan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja (ROA), serta (6) menguji pengaruh zakat dan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja (ROE) pada bank umum syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang ada di Indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling maka jumlah sampel yang didapat sebanyak lima bank umum syariah. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah (BRIsyariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah) periode 2011-2017. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) uji normalitas data, (2) uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi, (3) analisis regresi linier berganda, (4) uji hipotesis yaitu uji t dan uji F, serta (5) uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) zakat bepengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (ROA), (2) corporate social responsibility (CSR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja (ROA), (3) zakat bepengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (ROE), (4) corporate social responsibility (CSR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja (ROE), (5) zakat dan corporate social responsibility (CSR) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (ROA), serta (6) zakat dan corporate social responsibility (CSR) secara simultan (bersama-sama) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja (ROE) pada bank umum syariah di Indonesia. Kata Kunci: Zakat, Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja Bank, Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153147 NURAINUN KHOIRIYAH
Date Deposited: 14 May 2019 02:10
Last Modified: 14 May 2019 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item