STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP N 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

RIZQI ANHAROWI, 17201153038 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP N 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Peserta Didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung ” ini ditulis oleh Rizqi Anharowi, NIM. 17201153038, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Pembelajaran PAI, Pembinaan Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa seiring berkembangnya zaman ditemui hal-hal yang dapat merusak moral yang diakibatkan dari pengaruh tren negatif yang ada. Khususnya pada peserta didik di usia Sekolah Menengah Pertama yang masih mencari jati diri dan berada pada tahap perkembangan (pubertas). Adanya pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama diharapkan sebagai penyeimbang agar peserta didik selain pandai dalam pengetahuannya juga terbina karakternya. Oleh karena itu guru PAI harus mempunyai strategi khusus dalam pembelajarannya. SMP N 1 Kauman Tulungagung merupakan sekolah favorit di kabupaten Tulungagung dengan berbagai prestasi, bahkan pernah berprestasi sampai tingkat internasional. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui strategi pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah tersebut, dalam pembinaan karakter peserta didik yang berakhlakul karimah sesuai ajaran agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah strategi pengorganisasian materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung?; (2) Bagaimanakah strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung?; (3) Bagaimanakah strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali data tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung. Metode observasi dimaksudkan untuk mengetahui adanya kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan serta untuk mencari data kegiatan melalui pengamatan. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang proses berlangsungnya pembelajaran, wawancara, data-data yang berkaitan tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membina xvi karakter peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Pengecekan data dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pengorganisasian materi pembelajaran PAI dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung yaitu dengan penataan isi pembelajaran yang mengacu pada buku yang sesuai dengan kurikulum 2013 (K-13). Kemudian dikembangkan dengan menambah refrensi dari sumber-sumber lain dengan menyesuaikan kebutuhan siswa. Sedangkan pembuatan perangkat pembelajaran mengacu pada hasil MGMP guru PAI SMP se-Kabupaten Tulungagung, lalu disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dengan menitik beratkan pada pembinaan karakter. (2) strategi penyampain materi pembelajaran PAI dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, drill, permainan, dan praktik langsung. Disamping itu media yang digunakan yaitu media audio,visual, audio visual dan kondisi sekitar. (3) strategi pengelolaan pembelajaran dalam membina karakter peserta didik di SMP N 1 Kauman Tulungagung yaitu dengan mengikuti penjadwalan dari sekolah dan kemudian penjadwalan ulangan harian dan ujian praktek yang dibuat oleh guru PAI. Pencatatan kemajuan siswa dan akhlak siswa dirangkum dalam raport sehingga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi oleh orang tua dan peserta didik sendiri serta sebagai kontrol belajar yang dilakuan guru khususnya dalam setiap pembelajaran. Sekolah mengatur cara berpakaian peserta didik. Pemberian motivasi diberikan di awal atau di akhir pembelajaran. Dari ketiga aspek tersebut pembelajaran di SMP N 1 Kauman Tulungagung menitik beratkan pada pembinaan karakter yang religius, toleransi, bersahabat/komunikatif, disiplin, jujur, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab melalui pembelajaran PAI

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153038 RIZQI ANHAROWI
Date Deposited: 16 May 2019 07:28
Last Modified: 16 May 2019 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11314

Actions (login required)

View Item View Item