PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 6 JOMBANG

DWI YUNITA, 17201153210 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 6 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Fiqih di MAN 6 Jombang”, ini ditulis oleh Dwi Yunita Sari,NIM. 17201153210. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Mirna Wahyu Agustina, M.Psi, Nip.198608222014032004. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa, Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena bahwa dalam pembelajaran siswa tidak hanya membaca dan menghafal teori saja akan tetapi siswa haruslah berfikir kritis ketika memahami suatu permasalahan dalam pembelajaran. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang. Rumusan masalah: (1) Bagaimana kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang? (2) Adakah pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang? (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang?. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengidentifikasi kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang. (2) Untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang. (3) Untuk mengidentifikasi Seberapa besar pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang. Skripsi ini bermaanfaat bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 6 Jombang, untuk meningkatkan berfikir kritis pada materi fiqih dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Bagi pendidik Madrasah Aliyah Negeri 6 Jombang sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih. Bagi madrasah, sebagai masukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Bagi penelitian selanjutnya, dapat dijadikan masukan untuk mengadakan evaluasi dan pengembangan ke arah yang lebih baik. Dalam penelitian ini digunakan metode tes dan metode dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan berfikir kritis siswa Madrasah Aliyah Negeri 6 Jombang. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, dan dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih dalam kategori rendah,sedang, dan tinggi. Pada kelas eksperimen, kemampuan berfikir kritis siswa pada taraf rendah berjumlah 2 siswa, pada taraf sedang berjumlah 25 siswa, pada taraf tinggi berjumlah 6 siswa. Sedangkan, pada dalam kelas kontrol, kemampuan berfikir kritis siswa pada taraf rendah berjumlah 2 siswa, pada taraf sedang berjumlah 32 siswa, dan pada taraf tinggi berjumlah 1 siswa. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan xiii metode problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,001 > 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Besarnya pengaruh diperoleh d = 2,44 berdasarkan pada tabel interpretasi nilai Cohen’s maka prosentase 97,7%. Berdasarkan hasil penelitian maka penggunaan metode problem solvingberpengaruh besar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MAN 6 Jombang yaitu sebesar 97,7%

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dwi 17201153210 dwi yunita
Date Deposited: 14 May 2019 07:49
Last Modified: 30 Mar 2020 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item