STRATEGI GURU SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 6 BLITAR

ANIS RAHAYU, 17201153404 (2019) STRATEGI GURU SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru SKI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh Anis Rahayu, NIM. 17201153404, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian dilakukan di MTs Negeri 6 Blitar yang merupakan Madrasah Tsanawiyah yang berada di wilayah kabupaten yang terbilang cukup baik. Salah satunya yang terkenal adalah Madrasah batik, dimana kegiatan tersebut dijalankan bersama-sama entah guru, staf, sampai siswa. Lalu hasilnya akan digunakan seragam identitas adik-adik tahun ajaran baru. Kelas VII merupakan kelas awal jenjang sekolah menengah jadi siswa harus banyak beradaptasi. Tetapi yang menjadi permasalahan tidak semua dari mereka berasal dari sekolah ibtidaiyah yang sebelumnya sudah pernah menerima mata pelajaran tersebut. Ada juga yang berasal dari sekolah dasar. Untuk melihat sejauh mana Peran Guru SKI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 6 Blitar, maka penulis akan menindak lanjuti melalui kegiatan penelitian. Sebagaimana diketahui bahwa motivasi merupakan salah satu unsur kejiwaan yang terdapat pada diri setiap siswa, sehingga untuk membangkitkan kegairahan siswa untuk belajar secara aktif. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana motivas belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI tahun ajaran 2018/2019 di MTs Negeri 6 Blitar? 2). Bagaimana hambatan guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII tahun ajaran 2018/2019 di MTs Negeri 6 Blitar? 3). Bagaimana strategi pembelajaran guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII tahun ajaran 2018/2019 di MTs Negeri 6 Blitar. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui motivas belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI tahun ajaran 2018/2019 di MTs Negeri 6 Blitar. 2). Untuk mengetahui hambatan guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII tahun ajaran 2018/2019 di MTs Negeri 6 Blitar. 3). Untuk mengetahui strategi pembelajaran guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII tahun ajaran 2018/2019 di MTs Negeri 6 Blitar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru SKI dan sumber data kedua (sekunder) adalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa Motivasi Belajar SKI Siswa Kelas VII di MTs Negeri 6 Blitar dapat diketahui bahwa motivasi belajarnya sudah maksimal. Hal ini terbukti ketika pembelajaran berlangsung bagaimana guru bisa membuat siswa bisa bersemangat dalam mengikuti pelajaran.Adapun kendala yang dihadapi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran SKI, siswa sudah beranggapan bahwa pelajaran SKI membosankan, pengaruh dari teman sebaya, kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan berbagai strategi dalam meningkatkan motivasi belajar SKI yaitu Strategi guru dalam mengatasi siswa yang kurang minat terhadap mata pelajaran SKI diantaranya: memberikan penguatan sebelum memulai pelajaran, memberikan nilai kepada siswa, memberikan pujian kepada siswa, memberikan ulangan sebagai evaluasi. Strategi guru dalam mengatasi siswa yang cenderung beranggapan bahwa pelajaran SKI itu membosankan yaitu Memanfaatkan media yang sesuai dengan materi, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Strategi guru dalam mengatasi pengaruh dari teman sebaya yaitu: Mengadakan kompetisi dalam proses belajar mengajar, memberikan hukuman. Strategi guru dalam mengatasi kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua yaitu: membangun komunikasi yang baik dengan orang tua serta memberikan himbauan dan masukan agar orang tua agar memperhatikan dan memberi pengawasan terhadap anaknya saat dirumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153404 ANIS RAHAYU
Date Deposited: 16 May 2019 04:54
Last Modified: 16 May 2019 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11353

Actions (login required)

View Item View Item