HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP SIKAP SISWA DALAM MENGHINDARI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR

FALI FAJAR DITA SARI, 17201153028 (2019) HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP SIKAP SISWA DALAM MENGHINDARI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Siswa dalam Menghindari Perilaku Menyimpang pada Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Fali Fajar Dita Sari, NIM. 17201153028, dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Emosional, Perilaku Menyimpang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hubungan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam menghindari perilaku menyimpang pada kelas VIII. Dikarenakan saat ini banyak sekali siswa umur antara 14 dan 15 melakukan perilaku yang menyimpang. Entah itu menyimpang dalam norma sosial bahkan ke ranah hukum. Namun, di sekolah ini tidak pernah terdengar kabar buruk mengenai siswanya. Banyak faktor yang membuat siswa disana terhindar dari perilaku menyimpang, termasuk kegiatan-kegiatan yang positif sehingga setiap siswa di sana memiliki kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional dengan baik. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Apakah ada hubungan kecerdasan spiritual terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar? 2) Apakah ada hubungan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar? 3) Apakah ada hubungan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar? Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk menjelaskan ada hubungan kecerdasan spiritual terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. 2) Untuk menjelaskan ada hubungan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. 3) Untuk menjelaskan ada hubungan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Dan dalam penelitian ini penulis hanya mengambil sampel 3 kelas di kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Dikarenakan banyak faktor sehingga peneliti memutuskan hanya mengambil 3 kelas saja. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, pada tiap-tiap item disediakan alternative jawaban sebanyak lima buah. Model jawaban didasarkan atas model skala Likert. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) angket (kuesioner) dan 2) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan 3 tahap dalam pengujian. Tahap pertama uji instrument yang di dalamnya dilakukan 2 pengujian yaitu uji validitas dan uji reliabel, kemudian tahap kedua uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogen, dan uji linieritas, selanjutnya tahap uji model atau uji hipotesis yang peneliti gunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Siswa dalam Menjauhi Perilaku Menyimpang pada Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar menunjukkan bahwa : 1) Ada hubungan kecerdasan spiritual terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. 2) Tidak ada hubungan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. 3) Ada hubungan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Dibuktikan dengan uji hipotesis yang dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153028 FALI FAJAR DITA SARI
Date Deposited: 16 May 2019 06:42
Last Modified: 16 May 2019 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11407

Actions (login required)

View Item View Item