PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ULFI SEPTIANI, 17208153036 (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Konvensional Pada Ssitem Pernapasan Manusia Kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfi Septiani, NIM. 17208153036, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. H. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Two Stay Two Stray (TSTS), Konvensional, Sistem Pernapasan pada Manusia Rendahnya hasil belajar dan sikap pasif dalam proses pembelajaran biologi yang ditunjukkan oleh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung membuat siswa bosan dan memilih tidur dikelas karena kurangnya keterampilan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga hasil belajar biologi rendah terutama dalam bekerja sama. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian terkait penggunaan model Two Stay Two Stray (TSTS) dan model konvensional (ceramah). Dalam penelitian ini diketahui apakah model Two Stay Two Stray (TSTS) dan model konvensional (ceramah) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa dan melihat perbedaan yang dihasilkan dari keduanya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar Biologi yang menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui hasil belajar Biologi yang menggunakan konvensional siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi yang menggunakan TSTS dengan konvensional siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan bentuk desain post-test only design. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung yang berjumlah 329 siswa. Sampel model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan metode konvensional adalah kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar biologi menunjukkan nilai ratarata sebesar 83,6, pada kelas eksperimen dengan kondisi belajar aktif, (2) hasil belajar biologi menunjukkan nilai rata-rata 73,6 pada kelas kontrol dengan kondisi kurang efektif. (3) Ada perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model konvensional siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung. Diantara model pembelajaran tersebut, penggunaan model Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik, karena hasil belajar siswa menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) diatas standart Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan juga mampu mengkondisikan siswa menjadi aktif serta mampu melatih kemampuan bekerjasama yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S.Pd 17208153036 Ulfi Septiani
Date Deposited: 16 May 2019 05:02
Last Modified: 14 Aug 2019 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11412

Actions (login required)

View Item View Item