PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

BINTI NGAISAH, 17204153150 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Ngaisah, NIM. 17204153150. Pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Motivasi belajar adalah daya penggerak yang menimbulkan dan mengarahkan kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat dicapai. Hasil belajar adalah penilaian akhir yang telah dilakukan siswa setelah ia melakukan dan menerima pengalaman belajarnya. Pembelajan Snowball Throwing adalah suatu model pembelajaran yang membagi siswa dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok membuat pertanyaan pada selembar kertas dan membentuknya seperti bola, kemudian bola tersebut dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperolehnya. Sehingga siswa dapat berfikir secara mandiri dan tidak bergantung kepada temannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar matematika siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah non equivalent posttest-only control group designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 165 siswa. Dalam pengampilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, 2) angket, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji MANOVA yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 97,14, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 91,68. Hasil uji statistik di peroleh F hitung eksperimen sebesar 8,751 dengan signifikan 0,005. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 88,93, sedangkan kelas kontrol sebesar 82,86. Hasil uji statistik di peroleh F hitung sebesar 5,219 dengan signifikan 0,026.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153150 BINTI NGAISAH
Date Deposited: 20 May 2019 03:52
Last Modified: 20 May 2019 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11442

Actions (login required)

View Item View Item