PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII REGULER DI MTS NEGERI 1 BLITAR

AHMAD SYAIFUDIN, 17201153225 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII REGULER DI MTS NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul, “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Reguler di MTs Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Syaifudin, NIM. 17201153225, dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar, Akidah Akhlak Kebijakan pemerintah dalam kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran memberikan penjelasan bahwa tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk seperangkat kompetensi yang merupakan perpaduan dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasan berfikir dan bertindak. Melalui pendekatan pembelajaran saintifik ini diharapkan peserta didik tidak hanya mengetahui materi pelajaran yang telah diterima di sekolah melainkan peserta didik juga dituntut untuk dapat melakukan observasi, memiliki keterampilan baik bertanya maupun menyampaikan pendapat, serta memiliki daya nalar. Selain peserta didik, pendidik dalam hal ini melalui strategi dan pola pembelajaran dituntut untuk mampu memberikan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan yang sesuai dan mampu menjawab tuntutan serta perkembangan zaman. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar dalam pembelajaran mata pelajaran tersebut ? 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar dalam mengikuti pembelajaran tersebut ? 3) Adakah pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar dalam pembelajaran mata pelajaran tersebut. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar dalam mengikuti pembelajaran tersebut. 3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar yang terdiri dari delapan kelas. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 38 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar dan hasil Penilaian Tengah Semester. Metode xiii pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah koefisien korelasi dengan statistik uji T, dan analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 76,82%, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler di MTs Negeri 1 Blitar termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 88,92%, serta ada pengaruh positif dan signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler yang ditunjukkan dengan hasil uji T yang menyatakan bahwa tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 6,227 > ttabel = 2,028 dengan taraf nyata 5%. Kontribusi pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII reguler sebesar 51,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 17201153225 AHMAD SYAIFUDIN
Date Deposited: 17 May 2019 07:13
Last Modified: 17 May 2019 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item