SITI JAMILATUN NURIYAH, 172011531002 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (943kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi denga judul “Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Jamilatun Nuriyah, NIM 17201153002, pembimbing Drs. H. Masduki, M. Ag Kata kunci : Kecerdasan Emosi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan emosi dan motivasi belajar yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan prestasi belajar kurang mendapatkan hasil yang memuaskan jika kecerdasan emosi dan motivasi belajar yang kurang naik. Jadi kecerdasan emosi yang posisitif dan motivasi yang kuat membuat seseorang merasa mempunyai semangat dan berinisiatif untuk mencapai prestasi belajar yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung. 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 tulungagung. 3. Untuk mengetahui pengaryh kecerdasan emosi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Tulungagung sebanyak 40 siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for windows 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar di SMA PGRI ! Tulungagung. Hasil ini ditunjukkan dengan taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung kecerdasan emosi = 4,186 lebih besar dari t-tabel = 2,026. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung. Hasil ini ditunjukkan dengan t-hitung motivasi belajar = -0,456 lebih kecil dari t-tabel = 2,026. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Tulungagung. Hasil ini ditunjukkan oleh nila F hitung = 8,811 lebih besar dari F tabel = 4,10.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 172011531002 SITI JAMILATUN NURIYAH |
Date Deposited: | 20 May 2019 06:29 |
Last Modified: | 20 May 2019 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11488 |
Actions (login required)
View Item |