RIZKA WAHYU HARDIANTI, 17206153024 (2019) METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA ANAK KELOMPOK A DI RA TARBIYATUSSIBYAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rizka Wahyu Hardianti, 17206153024, 2019: “Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter pada Anak Kelompok A di RA Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung” Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata kunci: Metode Pembiasaan, Karakter Kedisiplinan, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kebiasaan berdisiplin yang ditanamkan pada anak di usia dini dapat mempengaruhi karakter anak dalam berbuat dan berprilaku. Dalam hal ini metode pembiasaan sangat efektif digunakan untuk membentuk karakter kedisiplinan pada anak usia dini di RA Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Pertanyaan penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter kedisiplinan pada anak kelompok A di RA Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung ?, 2) Bagaimana hambatan implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter kedisiplinan pada anak kelompok A di RA Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung ?, 3) Bagaimana dampak implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin pada anak kelompok A di RA Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara pengujian Credibility, pengujian Transferability, pengujian Dependability, pengujian Confirmability. Hasil penelitian berdasarkan paparan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) metode pembiasaan dalam pembentukan karakter kedisiplinan anak dapat dilakukan dengan a) pembiasaan baris berbaris sebelum masuk kelas, b) pembiasaan membaca do’a sebelum pembelajaran berlangsung, c) pembiasaan hafalan surat pendek, d) hafalan do’a sehari-hari, e) pembiasaan tertib dalam menunggu giliran, f) pembiasaan tertib dan mandiri saat makan, g) pemberian penghargaan (Reward) dan hukuman (Punishment), 2) Setiap proses akan mengalami sebuah hambatan dalam mengimplementasikan metode pembiasaan untuk membentuk kedisiplinan anak seperti kurangnya dukungan dari orang tua dalam membiasakan anak di rumah, anak dalam proses masa pembentukan, dan juga faktor libur sekolah, 3) perubahan yang terjadi dalam proses pembiasaan terlihat dari anak pada awal masuk sekolah hingga sekarang yang mengalami perkembangan dalam berdisiplin walaupun belum semua anak terlihat perubahannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206153024 RIZKA WAHYU HARDIANTI |
Date Deposited: | 23 May 2019 07:37 |
Last Modified: | 23 May 2019 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11536 |
Actions (login required)
View Item |